PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU


Pengarang

Alkindi Wira Saputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Saputra, Alkindi Wira. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Baru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si., (2) M. Okta Ridha Maulidian, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, geografi, model Berbasis Masalah, Discovery Learning
Proses pembelajaran dapat terjadi karena adanya hubungan timbal balik antara pendidik dengan peserta didik. Peserta didik dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Karena itu dalam proses pembelajaran guru harus bisa menyajikan pembelajaran dengan berpusat pada keaktifan peserta didik agar memperoleh hasil yang optimal. Model pembelajaran yang dapat digunakan yang berpusat pada keatifan peserta didik ialah model pembelajaran Berbasis Masalah dan model penbelajaran Discovery Learning. Rumusan maka masalah dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar geografi materi mitigasi bencana alam yang diajarkan dengan model pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dibandingkan yang disajikan dengan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik SMA Negeri 1 Bandar Baru
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar geografi materi mitigasi bencana alam yang diajarkan dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan yang disajikan dengan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik SMA Negeri 1 Bandar Baru.
Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bandar Baru yang berjumlah 80 siswa. Pegambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling puiposive, diambil dua kelas yaitu XI IPS 1 sebanyak 23 dan XI IPS 3 sebanyak 23. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 1,37 < ttabel =1,68 pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 44 berarti thitung < ttabel, sehingga Ha ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang disajikan dengan model pemebelajaran Berbasis Masalah sama dengan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dalam mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK