Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
Mailan Astuti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406103020026
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
371,3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Hasil belajar siswa pada materi statistika masih tergolong rendah sehingga belum memenuhi KKM. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe salah satunya yaitu tipe STAD (Student Team Achivement Devision), dimana siswa ditempatkan dalam kelompok belajar yang beranggotakan empat atau lima orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh pada materi statistika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Sampel yang dipilih adalah kelas ?VIII?^6 dengan jumlah siswa 21 orang sebagai sampelnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Pre Experimental Design dengan jenis pendekatan One Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengan tes akhir (post tes). Analisis data digunakan uji-t dengan taraf signifikan ?=0,05. Analisis data diperoleh 3,94>1,72. Dengan demikian, hasil perolehan menyatakan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi statistika dapat melebihi KKM di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dan pada peneliti lain juga guru dapat menerapkan model ini pada pembelajaran statistika maupun materi yang lain karena dapat menuntaskan hasil belajar.
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Statistika.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 INGIN JAYA (LICHA AGUSTINA, 2023)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (maya masyittah, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)