Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM TARUNA DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH
Pengarang
DIAH VITALOKA HARTATI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM TARUNA DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH
Oleh: Diah Vitaloka Hartati
NPM: 1609200050052
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.
ABSTRAK
Manajemen pembelajaran merupakan perencanaan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran untuk mencapai tujuan dan pembelajaran yang efektif dan efisien. Manajemen pembelajaran yang efektif akan mampu mempengaruhi antara guru sebagai fasilitator dengan peserta didik sebagai subjek dalam belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengevaluasian pembelajaran Bahasa Inggris Maritim pada BP2IP Malahayati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Bahasa inggris maritime di BP2IP Malahayati terdiri atas menyusun silabus sesuai dengan IMO Model Course 3.12 dan menyusun Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) di awal semester; (2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris Maritim di BP2IP Malahayati terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti disampaikannya materi-materi pembelajaran dan kegiatan penutup pengajar memberikan tugas dan kuis-kuis untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menerima pembelajaran; (3) Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Maritim di BP2IP Malahayati dilakukannya pemantauan terhadap peserta didik mengenai 4 aspek yaitu Listening, reading, speaking dan writing.Untuk pertengahan semester diberikan ujian tengah semester dan diakhir semester diberikan ujian akhir semester serta ujian praktek.
Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi
Tidak Tersedia Deskripsi
MANAJEMEN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF PADA PESERTA DIKLAT BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH (ANDI HERMAWAN BRUTU, 2019)
PROGRAM PEMBINAAN DAN KEMAMPUAN KESAMAPTAAN TARUNA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN (BP2IP) MALAHAYATI ACEH (SOPIAN, 2019)
PENGARUH KESESUAIAN NILAI ORGANISASIONAL DAN TUNTUTAN KEMAMPUAN TERHADAP KEPUASAN KERJA: NEED-SUPPLIES SEBAGAI PEMEDIASI (STUDI PEGAWAI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI-ACEH) (PUTRI NAHRISYAH, 2017)
MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TARUNA TARUNI PADA POLITEKNIK PELAYARAN MALAHAYATI ACEH (Nanak Pamungkas Prastyo, 2024)
MANAJEMEN BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH (RISPA SAEFUL MUTAMAR, 2018)