MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

CHAIRIAH LISMAYA FITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050024

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 371.201 2

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU
DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH
Oleh: Chairiah Lismaya Fitri
NPM: 1709200050024
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
ABSTRAK
Mekanisme penilaian kinerja guru diperlukan untuk mengevaluasi unjuk kerja
guru terhadap pelaksanaan tugas dan kewajibannya sehingga diharapkan guruguru
lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen penilaian kinerja guru
di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan penilaian kinerja guru disusun oleh
seluruh guru mata pelajaran setiap awal tahun yang dimuat dalam bentuk SKP
(Sasaran Kinerja Pegawai) yang berfungsi sebagai acuan bagi guru dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan secara efektif
dan efisien; (2) Pelaksanaan penilaian kinerja guru secara representatif
kompetensi pedagogik guru rata-rata masih rendah, penilaian kinerja guru belum
terimplementasi dengan maksimal sehingga kompetensi manajemen kelas belum
memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) pembelajaran; (3) Faktor pendukung
dalam penilaian kinerja guru meliputi: adanya supervisi yang dilakukan pengawas
dan kepala sekolah, mengikutsertakan guru-guru dalam program diklat dan
workshop (pelatihan penilaian), pemberian reward untuk hasil/nilai hasil penilaian
kinerja yang benar-benar mendapatkan nilai tinggi. Faktor penghambat penilaian
kinerja guru meliputi: terdapat beberapa guru yang belum membuat dan
mengembangkan perencanaan pembelajaran (silabus dan RPP), pola pikir
penilaian kinerja guru hanya dianggap kebutuhan formal saja, keterbatasan waktu
guru dalam menyusun SKP sehingga guru mengumpulkan SKP pada saat akhir
tahun.
Kata Kunci : Manajemen Pendidikan dan Penilaian Kinerja Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK