Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PROSEDUR PENCATATAN PENDAPATAN ROOM SALES PADA KUMALA HOTEL BANDA ACEH
Pengarang
SYARIFAH RIZKA LUTHFIYYA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1501003010026
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (D3) / PDDIKTI : 62401
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
RINGKASAN
Laporan kerja praktik merupakan tugas akhir bagi mahasiswa Program Studi Diploma III Akuntansi Universitas Syiah Kuala yang telah menyelesaikan praktik kerja lapangan selama dua bulan di Kumala Hotel Banda Aceh dan telah mendapatkan bimbingan dari dosen pembimbing guna memperoleh gelar Ahli Madya.
Adapun tujuan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui prosedur pencatatan pendapatan room sales pada Kumala Hotel Banda Aceh. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan, yaitu dengan melakukan observasi (pengamatan) dan interview (wawancara).
Hasil yang diperoleh selama praktik kerja lapangan diketahui bahwa sebelum kedatangan tamu Kumala Hotel Banda Aceh akan melakukan reservasi baik secara individu ataupun melalui agen perjalanannya ke bagian reservation yang selanjutnya akan membuat Reservation Form (RF) dan mencatatnya dalam daftar kedatangan tamu, kemudian mendistribusikan form tersebut ke pihak FO, room boy, house keeping, dan kredit sebagai informasi. Saat tamu datang menunjukkan bukti reservasi, FO akan mencocokkannya dengan salinan RF, kemudian meminta tamu untuk mengisi dan menandatangani Form A, lalu memanggil Bell Boy dan memberikan kunci kamar kepada Bell Boy untuk mengantar tamu. Setelah tamu ke kamar, FO akan membuatkan Bill untuk tamu tersebut, kemudian memasukkannya pada rak untuk masing-masing kamaryang ada di FO. FO mengisi Room Count Sheet (RCS), melakukan posting untuk setiap pemakaian kamar pada Bill, membuat Room Sales Recapitulation (RSR) kemudian memasukkan hasil penjualan dan RSR ke dalam Remittance of Fund (ROF). FO mengirim Form A asli sebagai laporan ke pihak Kepolisian, dan mengarsipkan salinannya. Pada tengah malam Nigh Audit akan mengecek kembali hasil kerja FO pada hari tersebut. Keesokan harinya ROF akan dikirim ke Back Office dan diterima oleh Income Audit yang selanjutnya akan mencocokkan kembali dan memilahnya untuk hasil penjualan tunai akan diserahkan kepada General Cashier, dan untuk sisanya diserahkan kepada Account Receivable. Income Audit berdasarkan informasi yang diberikan oleh Night Audit akan membuat Daily of Sales sebagai informasi kepada pihak manajemen tentang tingkat penjualan kamar, makanan dan minuman, dan pendapatan lain, serta informasi tingkat hunian dan informasi lain dalam hari kemarin. Account Receivable akan melakukan pencatatan dan menyiapkan invoive ke pihak agen perjalanan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERANAN PENGENDALIAN INTERN ATAS PENDAPATAN SWISS- BEL HOTEL BANDA ACEH (Indriyanto, 2024)
STRATEGI KOMUNIKASI SALES & MARKETING SULTHAN HOTEL BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Annisa Merita, 2016)
SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN PADA KANTOR DINAS PENDAPATAN KOTA BANDA ACEH (Khaira Putri, 2024)
ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA HOTEL BERBINTANG DI BANDA ACEH) (Qashdina, 2017)
ANALISIS PELAYANAN HOTEL MADINAH DAN HOTEL KUALA RADJA BANDA ACEH (M. Aulia Rizki, 2024)