PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP


Pengarang

ADE IRMA SURYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160025

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Ade Irma Suryani (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika
Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP
Kurikulum pendidikan Indonesia mengamanatkan guru untuk
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan
media yang dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini
dapat dilaksanakan melalui modul pembelajaran berbasis software yang sesuai
dengan karakteristik matematika. Modul matematika berbasis software masih
terbatas, sehingga menyulitkan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika
berbantuan software GeoGebra pada materi bangun datar yang valid, praktis dan
efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research)
dengan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga tahap, preliminary
research, prototyping phase, dan assessment phase. Subjek ujicoba dalam penelitian
ini adalah dua puluh enam siswa kelas VII SMPN 1 Idi Rayeuk. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis
berdasarkan indikator yang dikemukakan oleh Nieveen meliputi hasil rekomendasi
validator dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Selain itu, modul memenuhi
kriteria efektif berdasarkan indikator yang dikemukakan oleh Kemp, Morrison, dan
Ross yaitu rata-rata skor aktivitas siswa yang tergolong baik, adanya kecenderungan
peningkatan skor tes formatif, 50% siswa memberikan respon positif, dan respon
pengamat terhadap modul pembelajaran termasuk dalam kategori baik atau positif.
Kata kunci: Pengembangan modul, Software GeoGebra, Bangun datar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK