PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 4 KUTE PANANG KABUPATEN ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 4 KUTE PANANG KABUPATEN ACEH TENGAH


Pengarang

ERNI FITRIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200050033

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
PADA SD NEGERI 4 KUTE PANANG
KABUPATEN ACEH TENGAH

Oleh: Erni Fitriani
NPM: 1509200050033
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd.
ABSTRAK
Peningkatan kinerja guru merupakan salah satu tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru, dan hambatan-hambatan kepala sekolah untuk pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru telah terprogram, penyusunan program dengan melibatkan wakil kepala sekolah, pengawas sekolah serta guru. Penyusunan program disusun pada awal tahun pelajaran dengan sasaran sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan guru yaitu pembinaan penyususunan RPP, metode mengajar serta evaluasi siswa; (2) Pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dilaksanakan berdasarkan program yang telah disusun, yaitu perlengkapan administrasi guru yang meliputi Silabus, RPP, program tahunan, program semester, KKM. Penggunaan metode pembelajaran, penguasaan model-model pembelajaran. Sedangkan penguasaan sistem penilaian hasil belajar belum terlaksana dengan baik dan akan diprogramkan kembali. Pelaksanaan supervisi akademik menggunakan teknik individual dan teknik kelompok; dan (3) Hambatan dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sangat beragam, kesibukan kepala sekolah dalam urusan administrasi sekolah serta lemahnya pemahaman kepala sekolah dalam konsep supervisi akademik.

Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Kinerja Guru.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK