Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH ACEH BESAR
Pengarang
Nadiatul Firda - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206103020078
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Hasil belajar pada pembelajaran matematika peserta didik dapat dipengaruhi dari beberapa macam faktor, antara lain model dan metode yang diterapkan guru. Salah satu cara agar masalah dapat teratasi yaitu menggunakan model yang dapat diterapkan agar lebih baik. Suatu model yang bisa digunakan adalah model pembelajaran PBL yang mana pada model ini mengajurkan peserta didik agar dapat bekerja sama dengan efektif, bersikap kritis, cermat serta teliti dalam menyelesaikan masalah, menunjukan rasa keingintahuan, termotivasi dan menimbulkan rasa nyaman, senang dan pecaya diri ketika memecahkan sebuah permasalahan yang jelas. Model ini dapat diimplementasikan pada materi bangun datar, sehingga peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini mengangkat permasalahan apakan hasil belajar peserta didik dengan menerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun datar dapat melebihi KKM di SMP Negeri 2 Darul Imarah?. Adapun jenis penelitian yang diterapkan adalah pre-experimental design dengan jenis desain one shot case study, melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Darul Imarah. Pengambilan sampel diambil secara random (acak) sehingga terpilih kelas VII-A yang berjumlah siswa 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes akhir setelah pembelajaran. Data tes akhir hasil belajar tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan(dk) = (n-1)=(19-1)=18, dan diperoleh t(0,95)(18)=1,734. Kriteria sebuah pengujian adalah tolah H0 jika t ? t (1-?) dan diterima H0 dalam hal lainnya. Oleh karena t ? t(1-?) yaitu 4,57>1,73 maka H0 ditolak, dan H1 diterima. Berdasarkan hal ini maka dapat kita simpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan model PBL pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Darul Imarah dapat melebihi KKM pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi
HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Istiqamah, 2024)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GOOGLE SITES MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 1 DARUL IMARAH (Faraz Rizky Amelia, 2024)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (FURQAN, 2020)