Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MTSN 4 BANDA ACEH
Pengarang
Darmulia Wati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406103020007
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan pemahaman konsep siswa di MTsN 4 Banda Aceh pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih rendah. Salah satu solusi yang dianggap sesuai adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL menghadapkan siswa dengan masalah kemudian siswa berusaha menyajikan dan mencari sendiri penyelesaiannya, sehingga siswa akan terbiasa menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa sesudah diterapkan model PBL dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model PBL. Penerapan model PBL dan tes dilakukan pada satu kelas yaitu siswa kelas VIII-2 kemudian dipilih enam siswa sebagai fokus penelitian untuk diwawancarai. Data kemampuan pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan tes dan wawancara kemudian dianalisis dengan metode kualitatif secara deskriptif. Data repon siswa dikumpulkan dari hasil lembar angket. Teknik analisis data respon siswa juga dilakukan secara kualitatif menggunakan analisis deskriptif dari persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong baik walaupun ada beberapa siswa yang terdapat kesalahan pada indikator penyajian konsep ke dalam berbagai bentuk presentasi namun diperkuat dengan hasil wawancara yang menunjukkan kemampuan pemahaman siswa baik. Simpulan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas di MTsN 4 Banda Aceh tergolong baik. Hasil analisis deskriptif persentase respon siswa terhadap model PBL siswa juga menunjukkan respon yang positif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini melalui model PBL siswa dapat mencapai kemampuan pemahaman konsep yang baik dan respon siswa terhadap model PBL positif. Capaian hasil penelitian ini bisa dipergunakan sebagai masukan untuk pengajar bidang matematika untuk melaksanakan proses pembelajaran melalui model PBL karena bagi siswa model PBL ini berdampak positif.
Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), Pemahaman Konsep dan Respon Siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMPN 17 BANDA ACEH (IRA SUMANTRI, 2024)
PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MTSN 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (Chairul Fuadi, 2017)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI SMAN 1 LABUHAN HAJI BARAT (Fuddhah Rizvia, 2024)
PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS XRN SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (YUSLAINI, 2015)