Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
TANGGUNG JAWAB PT. INDAH LOGISTIK CARGO TERHADAP RUSAK DAN HILANGNYA BARANG KIRIMAN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH)
Pengarang
FARAH RIEZA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1503101010340
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
FARAH RIEZA,
2019 TANGGUNG JAWAB PT. INDAH LOGISTIK CARGO TERHADAP RUSAK DAN HILANGNYA BARANG KIRIMAN
(Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh)
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
(vi, 59), pp., tabl., bibl., app.
(KADRIAH, S.H., M.Hum.)
Pasal 188 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyatakan bahwa perusahaan angkutan umum wajib mengganti kerugian yang diderita oleh penumpang atau pengirim barang karena lalai dalam melaksanakan pelayanan angkutan. Selanjutnya Pasal 193 menyatakan bahwa perusahaan pengangkutan bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh pengirim barang karena barang musnah, hilang, atau rusak akibat penyelenggaraan angkutan, kecuali terbukti bahwa musnah, hilang atau rusaknya barang disebabkan oleh suatu kejadian yang tidak dapat dicegah atau dihindari atau kesalahan pengiriman dimulai sejak barang diangkut sampai barang diserahkan ditempat tujuan yang disepakati. Di dalam prakteknya PT. Indah Logistik Cargo tidak memberikan ganti rugi yang sesuai dengan kerugian yang dialami oleh konsumen
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan faktor yang menyebabkan rusak dan hilangnya barang kiriman milik konsumen dan pelaksanaan tanggung jawab PT. Indah Logistik Cargo terhadap rusak dan hilangnya barang kiriman.
Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Untuk memperoleh data kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan, mempelajari dan menelaah buku-buku yang memiliki hubungan dengan permasalahan yang dibahas, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sedangkan untuk memperoleh data lapangan dengan cara melakukan wawancara sejumlah responden dan informan.
Berdasarkan hasil penelitian faktor yang menyebabkan rusak dan hilangnya barang kiriman milik konsumen adalah faktor kesalahan dalam melakukan pengepakan barang, faktor kelalaian dalam pengangkutan, faktor kesalahan sopir pengangkutan, dan faktor kesalahan penempatan barang dalam angkutan. Pelaksanaan tanggung jawab PT. Indah Logistik Cargo terhadap rusak dan hilangnya barang kiriman konsumen yaitu dilakukan secara musyawarah, dimana PT. Indah Logistik Cargo memberikan ganti rugi barang milik konsumen sebesar 5 kali ongkos kirim, ganti rugi tersebut tidak sesuai dengan harga barang kiriman konsumen, namun konsumen tidak dapat melakukan upaya lainnya selain menerima ganti rugi yang tidak sesuai tersebut.
Disarankan kepada PT. Indah Logistik Cargo agar melaksanakan kewajiban pengiriman barang dengan baik serta memberikan ganti rugi yang sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERTANGGUNGJAWABAN PERUSAHAAN LOGISTIK ATAS KERUGIAN PENGGUNA JASA AKIBAT TERBAKARNYA TRUK PENGANGKUT (SUATU PENELITIAN PADA PT. SEULAWAH CARGO EXPRESS DI BANDA ACEH) (ADE MEUTHIA FADHILAH PASE, 2024)
TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG JALUR NUGRAHA EKAKURIR TERHADAP KELALAIAN YANG MENYEBABKAN RUSAK ATAU HILANGNYARN BARANG PENGIRIMAN RN(SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Tahjul Fikar Mulia, 2015)
ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PENGIRIMAN KARGO MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (STUDI KASUS: INDAH LOGISTIK KARGO BANDA ACEH) (Alya Maulianda, 2023)
PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PENGANGKUTAN RNBARANG KARGO MELALUI ANGKUTAN DARAT RNMENURUT UNDANG UNDANG RI NO. 22 TAHUN 2009 RNTENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALANRN(STUDI KASUS DI TERMINAL TERPADU SIGLI) (TEUKU ASRUL SAMI, 2015)
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL KEPUASAN PADA PT. INDAH LOGISTIK CARGO DI KOTA LANGSA (Cika Febita Maulidia Br.Sijabat, 2022)