Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA GAMBAR DAN NON MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 35 BANDA ACEH
Pengarang
Nurkhalimah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406104040009
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nurkalimah, 2019. Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V Melalui Media
Gambar dan Non Gambar di SD Negeri 35 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:
Kata Kunci: Menulis Puisi, Media Gambar dan Non Gambar.
Penggunaan media gambar tentunya akan memudahkan siswa dalam
menemukan ide atau gagasan ke dalam penulisan puisi, jika dibandingkan tanpa
adanya media. Media gambar yang akan diperlihatkan terdiri dari beberapa gambar
yang tentunya gambar-gambar tersebut tidak jauh dari realitas kehidupan siswa .
Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi pada
siswa kelas V-A melalui media gambar di SD Negeri 35 Banda Aceh. Untuk
mengetahui kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V-B melalui non media
gambar di SD Negeri 35 Banda Aceh. Apakah ada perbedaan kemampuan menulis
puisi pada siswa yang diajarkan melalui media gambar dan non media gambar di SD
Negeri 35 Banda Aceh.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
sampel dalam penelitian ini adalah kelas V -A dan V-B dengan jumlah 52 siswa.
Kelas V-A adalah kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas V-B adalah
kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan tes. Analisis data dengan menggunakan rumus statistik uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa di kelas V-A
yang diajarkan dengan menggunakan media gambar yaitu 81,38. Hal ini
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai nilai yang baik. Siswa yang
diajarkan tanpa menggunakan media gambar (non media gambar) mendapatkan nilai
rata-rata sebesar 73,81. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian siswa di kela kontrol
tidak sebaik pencapaian yang diperoleh siswa di kelas eksperimen. Hasil penelitian
diperoleh menunjukkan nilai t hitung
= 3,50 dan t tabel
= 2,00. Hal ini menunjukkan
bahwa nilai t > t dan menyimpulkan bahwa hipotesis alternative (ha) yang
berbunyi “ada perbedaan kemampuan menulis puisi pada siswa yang diajarkan
melalui media gambar dan non media gambar di SD Negeri 35 Banda Aceh” dapat
diterima.
hitung tabel
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA GAMBAR DAN NON MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 35 BANDA ACEH (Nurkhalimah, 2019)
PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Era Irhamna, 2019)
KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 37RNKOTA BANDA ACEH (JUMIATI, 2015)
KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 JULI KABUPATEN BIREUEN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR (Noer Asiyah, 2013)