KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH


Pengarang

DELISMA SIREGAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040063

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Siregar, Delisma. 2019. Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Matematika
Pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) di
Kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah
Kuala. Pembimbing:
(1) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc
(2) Drs. Bukhari, M.Pd

Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Pada Trends
International Mathematics And Science Study (TIMSS)

Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) adalah survey
international yang mengevaluasi tingkat kemampuan peserta didik di beberapa
negara mengenai hasil belajar dalam bidang matematika dan sains. Untuk
matematika SD, bidang yang diuji meliputi bilangan, geometri, dan penyajian data.
Pelaksanaan TIMSS dilakukan 4 tahun sekali yang dipelopori oleh International
Association for the Evaluation of Education Achievement (IEA) berkedudukan di
Amsterdam, Belanda dilaksanakan pada bulan Maret-Juni untuk kelas IV SD dan
VIII SMP.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan
peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics
And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh, dan apa saja
kesulitan peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International
Mathematics And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik
menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science
Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh dan mendeskripskan kesulitan
peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics
And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian adalah 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes dan wawancara.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 49.1 berada pada kategori cukup
berdasarkan kategori penilaian menurut Arikunto (2010:35). Pada saat diwawancarai
kesulitan yang dialami peserta didik adalah: (1) kurang menguasai materi bilangan,
geometri dan penyajian data, (2) tidak terbiasa dalam soal penalaran, (3) bahasa soal
terlalu susah dipahami sehingga tidak tahu apa yang ditanyakan dalam soal, (4) tidak
terbiasa menjawab soal TIMSS.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK