KAITAN NILAI AWAL SISWA TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UJIAN NASIONAL PADA SMA NEGERI DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KAITAN NILAI AWAL SISWA TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UJIAN NASIONAL PADA SMA NEGERI DI BANDA ACEH


Pengarang

NIA KURNIA DEVY - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103030060

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Devy, Nia Kurnia. 2019. Kaitan Nilai Awal Siswa Terhadap Pilihan Mata Pelajaran Fisika Ujian Nasional pada SMAN di Banda Aceh.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Ahmad Farhan, M.Si., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd
Kata kunci : kaitan nilai awal, ujian nasional, mata pelajaran fisika, korelasi biserial
Kemendikbud memberikan perubahan signifikan dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) dalam Surat Edaran No.0204/H/EP/2017; dengan diperbolehkannya siswa memilih mata pelajaran yang diujiankan. Pada ujian nasional tahun 2018, aturan tersebut masih berlaku. Penelitian ini mengkaji masalah apakah terdapat kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika pada ujian nasional 2018, dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika pada ujian nasional 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN di Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018 secara random sampling sebanyak 51 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan persamaan korelasi biserial, dan skala likert. Hasil analisis didapatkan koefisien korelasi biserial(rb) = 0,121452. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi termasuk korelasi yang sangat lemah sehingga dapat dianggap tidak ada korelasi, kemudian dilanjutkan dengan angket (kuesioner) didapatkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional, berdasarkan tabel interpretasi skor skala likert menyatakan faktor pengaruh keluarga adalah yang paling dominan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018, dan terdapat faktor lain yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK