PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA PADA PERKALIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI JRUEK ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA PADA PERKALIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI JRUEK ACEH BESAR


Pengarang

Nurul Adina Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Putri, Nurul Adina. 2019. Penggunaan Media Kartu Angka pada Perkalian dalam
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SD Negeri Jruek Aceh
Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Monawati, M.Pd (2) Drs. Awaluddin, M.Pd
Kata kunci : media kartu angka, perkalian, hasil belajar siswa
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Kartu Angka pada Perkalian
dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SD Negeri Jruek Aceh
Besar”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini: (a). Bagaimana aktivitas guru
mengelola pembelajaran dengan menggunakan media kartu angka pada materi
perkalian?, (b). Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran perkalian
menggunakan media kartu angka?, (c). Apakah penggunaan media kartu angka pada
perkalian siswa dapat meningkatkan hasil belajar di kel as III SD Negeri Jruek Aceh
Besar?. Penelitian ini bertujuan (a). untuk mendeskripsikan aktiv itas guru mengelola
pembelajaran dengan menggunakan media kartu angka pada materi perkalian, (b).
untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran perkalian menggunakan
media kartu angka, (c). untuk menganalisis penggunaan media kartu angka pada
perkalian siswa dapat meningkatkan hasil belajar di kelas III SD Negeri Jruek Aceh
Besar.
Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Ke las (PTK). Subjek penelitian ini adalah
semua siswa kelas III SD Negeri Jruek Aceh Besar yang berjumlah 18 siswa yang
terdiri dari 6 siswa perempuan dan 12 siswa laki -laki. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan deskripsi data dalam penelitian ini menunjukkan (a). Aktivitas
guru pada siklus I 3,12 pada kategori cukup, siklus II 3,37 pada kategori cukup, dan
siklus III 3,62 pada kategori baik. (b). Aktivitas siswa siklus I 3,25 pada kategori
cukup, pada siklus II 3,37 pada kategori cukup, dan pada siklus III 3,75 pada
kategori baik. (c). Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal 38,89, pada
siklus II ketuntasan klasikal 55,56, dan pada si klus III ketuntasan klasikal 83,33.
Dapat disimpulkan penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan aktivitas
guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas III SD
Negeri Jruek Aceh Besar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK