Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MA’HAD DAARUT TAHFIZH AL-IKHLAS
Pengarang
MUHAMMAD RONA FAJRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200050073
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MA’HAD DAARUT TAHFIZH
AL-IKHLAS
Oleh : Muhammad Rona Fajri
NPM: 1509200050072
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd.
ABSTRAK
Manajemen pendidikan adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam lembaga pendidikan untuk mencapai visi misi pendidikan yang telah disepakati. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan lembaga pendidikan dari segi manajemen personalia, kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, serta pembiyaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Subjek penelitian adalah ketua yayasan, pimpinan dayah (mudir), kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum dan bidang kesiswaan, bendahara umum, pengasuh asrama, dan guru di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Manajemen personalia dibentuk oleh Yayasan Daarut Tahfizh Al-Ikhlas untuk menjalankan aktivitas pembelajaran. Yayasan membentuk pengurus ma’had, selanjutnya pengurus ma’had menunjuk pengurus madrasah. 2) Manajemen kurikulum madrasah (MIT, MTsT dan MAT) di bawah Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas sudah menerapkan kurikulum 2013 yang telah dikombinasikan dengan kurikulum ma’had. Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas telah mengembangkan kurikulum dengan menggabungkan antara kurikulum ma’had dengan kurikulum nasional. 3) Manajemen peserta didik pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas diawali dengan rekrutmen melalui penerimaan peserta didik baru (PPDB). Peserta didik mengikuti seleksi yang diselenggarakan pesantren. Penempatan peserta didik baru akan dikelompokkan ke dalam kelas belajar sesuai jenis kelamin, tingkat dan jurusan 4) Manajemen sarana dan prasarana mengikuti standar sarana dan prasarana pendidikan. Fasilitas Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas secara umum terbagi kepada dua macam yaitu fasilitas asrama dan fasilitas madrasah. 5) Sumber pembiayaan Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas berasal dari SPP, BOS, sumbangan dan waqaf. Manajemen pembiayaan dikelola oleh yayasan dan pengurus ma’had atau madrasah. Pengurus yayasan tidak memiliki RAPBS tetapi penggunaan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan yang telah di tetapkan yayasan
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Personalia, Kurikulum, Peserta Didik, Sarana dan Prasarana, Pembiayaan
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA BAGI SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAYYAH TERPADU (MIT) AARUT TAHFIZH AL-IKHLAS (Siti Annisa Hadiyani, 2016)
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MA’HAD DAARUT TAHFIZH AL-IKHLAS, ACEH BESAR (MOCHAMMAD REZA, 2022)
PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA KOTA SABANG (Rita Jahiti Tanjung, 2025)
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)
RAGAM PERTANYAAN YANG DIGUNAKAN GURURNDALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS VIIIRNMTST MA'HAD DAARUF TAHFIZH AL-IKHLAS BANDA ACEH (Pratiwi Rahmadini, 2024)