Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI MAN 4 ACEH BESAR
Pengarang
Nurul Iman - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306104030021
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Iman, Nurul. 2019. Minat Siswa dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Klasikal
(Penelitian Pada Siswa MAN 4 Aceh Besar) Pembimbing :
1. Drs. M. Husen, M.Pd 2. Dra. Nurhasanah, M.Pd
Kata Kunci : Minat, Layanan Bimbingan Klasikal
Penelitian ini berjudul “ Minat Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan
Klasikal (Penelitian Pada Siswa MAN 4 Aceh Besar)”. bertujuan untuk mengetahui
bagaimana gambaran minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal di
MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan
jenis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa MAN 4 Aceh Besar yang berjumlah 486 siswa. penarikan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling, oleh karena itu peneliti
mengambil 20 % dari populasi yaitu 97 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket (kuesioner) , angket yang digunakan oleh peneliti merupakan
angket adaptasi dari skripsi Kurnia Pasca Tarigan (2017) dengan menggunakan skala
model likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran minat siswa dalam
mengikuti layanan bimbingan klasikal diperoleh hasil analisis variabel sebanyak 47
siswa dengan persentase 49 % berminat dalam mengikuti layanan bimbingan
klasikal. Sedangkan untuk analisis sub variabel yang terdiri dari aspek kognitif
sebanyak 53 siswa dengan persentase 54,63 % memiliki ilmu dan mampu memahami
materi layanan bimbingan klasikal, kemudian aspek afektif 46 siswa dengan
persentase 47 % memiliki perasaan senang dan tertarik sehingga menimbulkan
motivasi di dalam diri untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal tersebut,
sedangkan aspek psikomotorik 48 siswa dengan persentase 49,48 % berpartisipasi
dan aktif di dalam layanan bimbingan klasikal tersebut. Berdasarkan analisis setiap
item pernyataan diperoleh hasil rata-rata berada pada kategori tinggi dan sangat
tinggi.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERAN GURU PENJASKES DALAM MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SMPN UNGGUL ALI HASJMY (MUHAMMAD ZAKI, 2022)
KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 ACEH BESAR (DESTI SALWIDA PUTRI, 2021)
KARAKTERISTIK BAHASA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMP KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Hayatun Rahmi, 2016)
PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Munirayati, 2018)
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MEREDUKSI MASALAH KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS X MAS AL-ISHLAH AL-AZIZIYAH BANDA ACEH (Aska Lorika, 2022)