MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI MAN 4 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI MAN 4 ACEH BESAR


Pengarang

Nurul Iman - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104030021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Iman, Nurul. 2019. Minat Siswa dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Klasikal
(Penelitian Pada Siswa MAN 4 Aceh Besar) Pembimbing :
1. Drs. M. Husen, M.Pd 2. Dra. Nurhasanah, M.Pd
Kata Kunci : Minat, Layanan Bimbingan Klasikal
Penelitian ini berjudul “ Minat Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan
Klasikal (Penelitian Pada Siswa MAN 4 Aceh Besar)”. bertujuan untuk mengetahui
bagaimana gambaran minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal di
MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan
jenis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa MAN 4 Aceh Besar yang berjumlah 486 siswa. penarikan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling, oleh karena itu peneliti
mengambil 20 % dari populasi yaitu 97 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket (kuesioner) , angket yang digunakan oleh peneliti merupakan
angket adaptasi dari skripsi Kurnia Pasca Tarigan (2017) dengan menggunakan skala
model likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran minat siswa dalam
mengikuti layanan bimbingan klasikal diperoleh hasil analisis variabel sebanyak 47
siswa dengan persentase 49 % berminat dalam mengikuti layanan bimbingan
klasikal. Sedangkan untuk analisis sub variabel yang terdiri dari aspek kognitif
sebanyak 53 siswa dengan persentase 54,63 % memiliki ilmu dan mampu memahami
materi layanan bimbingan klasikal, kemudian aspek afektif 46 siswa dengan
persentase 47 % memiliki perasaan senang dan tertarik sehingga menimbulkan
motivasi di dalam diri untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal tersebut,
sedangkan aspek psikomotorik 48 siswa dengan persentase 49,48 % berpartisipasi
dan aktif di dalam layanan bimbingan klasikal tersebut. Berdasarkan analisis setiap
item pernyataan diperoleh hasil rata-rata berada pada kategori tinggi dan sangat
tinggi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK