KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 AL MUBARKEYA DAN SMK NEGERI 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 AL MUBARKEYA DAN SMK NEGERI 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR


Pengarang

SUCI FAJAR RIZKY - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200050007

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Study Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN
BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 AL MUBARKEYA DAN
SMK NEGERI 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR

Oleh : Suci Fajar Rizky
NPM : 1609200050007

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK
Kinerja kepala sekolah mempengaruhi penerapan Manajemen Berbasis Sekolah.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: kemampuan, motivasi, disiplin, dan komitmen kepala sekolah dalam penerapan MBS pada SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya dan SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tanya jawab, pengamatan, dan bukti-bukti fisik yang mendukung. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan kepala sekolah pada SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya berperan dalam penerapan MBS dimana kepala sekolah mampu mengambil keputusan, serta melakukan perecanaan diawal tahun dengan membentuk 8 tim untuk mengatur perencanaan 8 standar nasional pendidikan. (2) Motivasi kepala SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya lebih baik dibandingkan dengan kepala SMK Negeri 1 Darul Kamal dalam menjalankan MBS dilakukan tidak hanya bagi kepala sekolah melainkan juga kepada tenaga pendidik dan kependidikan. (3) Disiplin kepala sekolah mempengaruhi kinerja seluruh warga sekolah karena kepala sekolah menjadi teladan bagi warga sekolah. (4) Komitmen kepala SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya untuk menjalankan MBS sesuai dengan perencanaan terus dilakukan melalui EDS lebih baik dibandingkan dengan komitmen Kepala SMK Negeri 1 Darul Kamal.
Kata kunci : Kinerja, Kepala Sekolah, dan Manajemen Berbasis Sekolah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK