Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018
Pengarang
CUT FASYA ZALISKA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1407101010128
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kepuasan pasien adalah perbandingan antara harapan pasien dengan kenyataan
yang dialami oleh pasien saat di rumah sakit. Ruang rawat inap salah satu ruang di
rumah sakit, yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien. Ruang rawat inap
di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDAZA) Banda Aceh
memiliki beberapa jenis ruang rawat inap, diantaranya: VIP, kelas I, kelas II, dan
kelas III, dengan setiap ruangnya memiliki kondisi yang berbeda. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat
VIP dan non VIP, perbandingan tingkat kepuasan antara kelas I, kelas II, dan
kelas III, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
kepuasan di setiap jenis ruang rawat yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah
analitik dengan desain cross sectional. Total sampel pada penelitian ini adalah
160 sampel, dari 36 sampel pasien VIP, 36 sampel pasien kelas I, 36 sampel
pasien kelas II, dan 52 sampel pasien kelas III. Hasil penelitian didapatkan bahwa
perbandingan tingkat kepuasan antara pasien VIP dan non VIP p-value < 0,05.
Sedangkan perbandingan antara pasien kelas I, kelas II, dan kelas III, p-value
>0,05. Faktor yang mempengaruhi di seluruh jenis ruang rawat inap adalah faktor
kebersihan dan kelengkapan fasilitas kamar mandi dan toilet. Kesimpulannya
tingkat kepuasan antara pasien VIP dan non VIP berbeda. Sedangkan
perbandingan antara kelas I, kelas II, kelas III tidak memiliki perbedaan.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Perbedaan Tingkat Kepuasan, Ruang Rawat Inap,
Kualitas Pelayanan
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Athiril Jamal, 2016)
PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Keumalasari, 2023)
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI DEPO FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (MASYITAH ISNAINI, 2022)
STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)