Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
BASRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200050027
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
PADA SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH
KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh: Basri
NPM: 1509200050027
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.
ABSTRAK
Kompetensi manajerial kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan/sekolah. Dengan kompetensi tersebut kepala sekolah mampu membina kinerja para stafnya/dewan guru dengan baik. Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan penyusunan program, pelaksanaan, dan evaluasi program peningkatan kinerja guru pada SMP Negeri 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan dewan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyusunan program peningkatan kinerja guru dilakukan pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan guru, wakil kepala sekolah, tenaga kependidikan, konselor, komite sekolah, dan pengawas sekolah. Kegiatan yang direncanakan mencakup: menyusun perangkat perencanaan pembelajaran, merancang dan memanfaatkan media pembelajaran, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, pengembangan tenaga pendidik, meningkatkan pelayanan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, serta tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran; (2) Pelaksanaan kegiatan peningkatan kinerja guru dilakukan melalui rapat kerja, kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), memfasilitasi pemanfaatan media pembelajaran, melaksanakan pelatihan di sekolah sesuai kebutuhan guru, serta mengirim guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan; (3) Evaluasi program dilakukan melalui kegiatan supervisi, rapat evaluasi berkala, dan penilaian kinerja tahunan. Hasil kegiatan evaluasi belum terdokumentasi dengan baik untuk laporan kegiatan manajerial kepala sekolah.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.
Tidak Tersedia Deskripsi
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI UNGGUL DI KABUPATEN ACEH BESAR (SYARIFAH NURMASYITHAH, 2019)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (IRAWATI, 2018)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA (MURDANI, 2014)
KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (Deni Fajar Wicoksono, 2021)
PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMK NEGERI KABUPATEN ACEH SELATAN (Asmawi, 2025)