KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

BASRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200050027

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
PADA SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH
KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh: Basri
NPM: 1509200050027

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.

ABSTRAK
Kompetensi manajerial kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan/sekolah. Dengan kompetensi tersebut kepala sekolah mampu membina kinerja para stafnya/dewan guru dengan baik. Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan penyusunan program, pelaksanaan, dan evaluasi program peningkatan kinerja guru pada SMP Negeri 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan dewan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyusunan program peningkatan kinerja guru dilakukan pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan guru, wakil kepala sekolah, tenaga kependidikan, konselor, komite sekolah, dan pengawas sekolah. Kegiatan yang direncanakan mencakup: menyusun perangkat perencanaan pembelajaran, merancang dan memanfaatkan media pembelajaran, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, pengembangan tenaga pendidik, meningkatkan pelayanan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, serta tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran; (2) Pelaksanaan kegiatan peningkatan kinerja guru dilakukan melalui rapat kerja, kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), memfasilitasi pemanfaatan media pembelajaran, melaksanakan pelatihan di sekolah sesuai kebutuhan guru, serta mengirim guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan; (3) Evaluasi program dilakukan melalui kegiatan supervisi, rapat evaluasi berkala, dan penilaian kinerja tahunan. Hasil kegiatan evaluasi belum terdokumentasi dengan baik untuk laporan kegiatan manajerial kepala sekolah.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK