Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
GAMBARAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI BANDA ACEH
Pengarang
Bahagia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1207101020120
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : fakultas keperawatan universitas syiah kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
14 Januari 2019
XIV Halaman + VI BAB + 70 Halaman + 10 Tabel + 1 Skema + 14 Lampiran
BAHAGIA
1207101020120
GAMBARAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI BANDA ACEH
ABSTRAK
Game online sering disebut sebagai bentuk rekreasi yang populer, cepat
berkembang, dan merupakan penyumbang persentase kecanduan. Terutama dikalangan anak-anak dan remaja. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kecanduan game online siswa kelas XII di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII yang bersekolah di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling sebanyak 67 responden dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala likert dan menggunakan analisa univariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa remaja yang mengalami adiksi game online sebanyak 27 responden (40,3%). Kecanduan game online dilihat dari 7 aspek penelitian yaitu salience mayoritas mengalaminya sebanyak 37 responden (55,2%), tolerance sebanyak 31 responden (46,3%), mood modification sebanyak
43 reponden (64,2%), relapse sebanyak 30 reponden (44,8%), withdrawal sebanyak 22 reponden (32,8%), conflict sebanyak 38 responden (56,7%), problem sebanyak 49 responden(73,1%). Para orang tua, guru diharapkan lebih mengawasi bahkan menghentikan siswa/siswi yang kecanduan game online.
Kata Kunci : Game Online, Kecanduan, Remaja
Daftar Bacaan : buku, sumber online dan jurnal (2004-2018)
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ACEH BESAR (NURUL ARIESCHA, 2025)
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN IDENTITAS DIRI, INTERAKSI SOSIAL DAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Rahmat Muhazir, 2023)
PENERAPAN KONTROL DIRI DAN MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMP N 1 JANGKA (Aulia Suhelmi, 2021)
HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMP DI KOTA BANDA ACEH (JANNATUN RAYYAN, 2024)
HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEJADIAN ASTENOPIA PADA PELAJAR SMA DI WARNET - WARNET KOTA BANDA ACEH (Fatin Ulfah, 2016)