PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI


Pengarang

CUT FAJAR AFRIDAYANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200150028

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Model
Reading Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar dan
Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan
Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran
daring dengan model RQA berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada Mata Kuliah Botani
Tumbuhan Tinggi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Jenis
penelitian Quasi Eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Nonrandomized Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan
Biologi Universitas Syiah Kuala tahun ajaran 2017/2018, berjumlah 50
mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini seluruh mahasiswa yang
memprogramkan mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi berjumlah 50 mahasiswa.
Model pembelajaran kelas eksperimen ditempuh melalui pembelajaran daring
dengan model RQA, sedangkan kelas kontrol melalui pembelajaran daring. Tes
hasil belajar kognitif menggunakan pretes dan postes. Kemampuan berpikir kritis
menggunakan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran daring dengan model RQA berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada Mata Kuliah Botani
Tumbuhan Tinggi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala.
Keywords: Online Learning (daring), Reading Questioning and Answering
(RQA), Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK