PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE


Pengarang

Andriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200160030

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Andriani (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online.

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses belajar matematika. Dengan kemampuan pemahaman matematis, siswa dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam matematika sehingga akan menjadikan siswa mampu menguasai matematika dengan baik. Disamping kemampuan pemahaman matematis, ada faktor lain yang menyebabkan kurang berhasilnya siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu kurangnya motivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) perbedaan peningkatan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Arun Lhokseumawe yang terdiri atas lima kelas. Sebagai sampel terpilih kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol..Instrumen penelitian adalah tes berbentuk soal uraian, angket motivasi dan lembar observasi. Analisis data dilakukan terhadap rataan n-gain ternormalisasi dengan menggunakan uji-t dan uji anava. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) peningkatan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan motivasi siswa.

Kata Kunci: Model Missouri Mathematics Project (MMP), Game Matematika Online, Kemampuan Pemahaman Matematis, dan Motivasi Siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK