Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE
Pengarang
Andriani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200160030
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Andriani (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online.
Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses belajar matematika. Dengan kemampuan pemahaman matematis, siswa dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam matematika sehingga akan menjadikan siswa mampu menguasai matematika dengan baik. Disamping kemampuan pemahaman matematis, ada faktor lain yang menyebabkan kurang berhasilnya siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu kurangnya motivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) perbedaan peningkatan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Arun Lhokseumawe yang terdiri atas lima kelas. Sebagai sampel terpilih kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol..Instrumen penelitian adalah tes berbentuk soal uraian, angket motivasi dan lembar observasi. Analisis data dilakukan terhadap rataan n-gain ternormalisasi dengan menggunakan uji-t dan uji anava. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) peningkatan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan motivasi siswa.
Kata Kunci: Model Missouri Mathematics Project (MMP), Game Matematika Online, Kemampuan Pemahaman Matematis, dan Motivasi Siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTSS SEULIMEUM (Rairita, 2023)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)
KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (RISFAN ZAKI, 2021)
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DI SMPN 10 BANDA ACEH. (Alifah aqila, 2023)