Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MA SWASTA RUHUL ISLAM ANAK BANGSA
Pengarang
Nur Aulia Khairani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906103030004
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : metode tutor sebaya, hasil belajar.
Metode tutor sebaya adalah suatu metode pembelajaran yang menunjuk beberapa siswa untuk mengajari temannya yang lain dalam kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya dalam hal hasil belajar siswa akan lebih baik jika dibandingkan dengan metode belajar secara konvensional pada materi gerak lurus berubah beraturan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Namun sebelum melakukan uji t terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,78 > ttabel = 1,67) artinya terdapat pengaruh penggunaan metode tutor sebaya yang terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Dengan kata lain hasil belajar kelas yang menggunakan metode tutor sebaya lebih baik dibanding dengan kelas yang tidak menggunakan metode tutor sebaya.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN TUTOR SEBAYA RN(SUATU TINJAUAN PADA SISWA KELAS II SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015) (Sri Farhati, 2015)
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (rusfa adini hasibuan, 2013)
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK TARI MEUSAREE-SAREE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SABANG (Rayda Muna Sharah, 2024)
EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (juarnida, 2015)