PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MA SWASTA RUHUL ISLAM ANAK BANGSA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MA SWASTA RUHUL ISLAM ANAK BANGSA


Pengarang

Nur Aulia Khairani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103030004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci : metode tutor sebaya, hasil belajar.

Metode tutor sebaya adalah suatu metode pembelajaran yang menunjuk beberapa siswa untuk mengajari temannya yang lain dalam kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya dalam hal hasil belajar siswa akan lebih baik jika dibandingkan dengan metode belajar secara konvensional pada materi gerak lurus berubah beraturan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Namun sebelum melakukan uji t terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,78 > ttabel = 1,67) artinya terdapat pengaruh penggunaan metode tutor sebaya yang terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Dengan kata lain hasil belajar kelas yang menggunakan metode tutor sebaya lebih baik dibanding dengan kelas yang tidak menggunakan metode tutor sebaya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK