Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU RNPADA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA BABUN NAJAH BANDA ACEH
Pengarang
Edi Azhari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1009200050001
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.200 92
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU
PADA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA BABUN NAJAH BANDA ACEH
Oleh : Edi Azhari
NIM : 1009200050001
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Djailani AR, M. Pd.
ABSTRAK
Kompetensi manajerial merupakan kemampuan mengelola sumber daya melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan untuk meningkatkan mutu pada Madrasah Tsanawiyah swasta Babun Najah Banda Aceh dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala, ketua MGMP, komite sekolah, tata usaha dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penyusunan perencanaan melibatkan seluruh personel sekolah. Perencanaan program sekolah dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan melakukan analisis kebutuhan sekolah, menciptakan budaya dan iklim madrasah, pendayagunaan SDM secara optimal, mengelola sarana dan prasarana, hubungan madrasah dan masyarakat, penerimaan peserta didik baru, penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, keuangan madrasah, dan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan madrasah. 2) Kepala sekolah belum melakukan pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab secara optimal terhadap masing-masing bidang sebelum melaksanakan kegiatan. Dalam pelaksanaaannya kepala sekolah belum konsisten dengan perencanaan yang telah disusun dan sering menggunakan gaya otoriter, sehingga kurang efektifnya kepala sekolah dalam berkomunikasi yang mengakibatkan rendahnya semangat dari para guru. 3) Evaluasi dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan secara langsung, belum menggunakan instrumen atau pedoman pelaksanaan evaluasi, dan berbeda dengan jadwal yang telah ditentukan. Hasil evaluasi tersebut disampaikan kepada personel sekolah melalui rapat dan tindak lanjut yang dilakukan dengan mengadakan perbaikan apabila pelaksanaan belum mencapai secara maksimal dan menjadi program lanjutan pada tahun berikutnya.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Mutu.
MANAGERIAL COMPETENCE OF PRINCIPAL IN IMPROVING THE QUALITY OF BABUN NAJAH PRIVATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL OF BANDA ACEH
ABSTRACT
(Edi Azhari)
Managerial competence is an ability to manage resources through planning, organizing, directing, and supervising activities in order to achieve organizational goal effectively and efficiently. The purpose of this study was to find out: the managerial ability of the principal in preparing the plan, implementing and evaluating the activities in order to improve the quality of Babun Najah Private Islamic Senior High School of Banda Aceh which used descriptive method and qualitative approach. Data collection technique used were observation, interview and documentation study. Subject of the research were principal, vice principal, head of Teacher Network, school committee, head of administration office, and teachers. The result showed that: 1) the preparation of the planning involved all school personnel. School program planning is conducted in the beginning of new academic year by analyzing school needs, creating school culture and climate, empowering human resources optimally, managing facility and infrastructure, establishing the relationship between school and society, new student admissions, placement and development of student capacity, curriculum and learning activities, school finance, and monitoring, evaluation and school activity report. 2) The principal did not distributing job, authority, and responsibility optimally to each division before conducting activities. In the implementation, the principal was not consistent with the planning prepared and often used authoritarian style resulting in ineffective communication and low spirit of the teachers. 3) Evaluation was conducted based on direct observation without using any instrument or guidance in evaluation implementation and not following the predetermined schedule. The results of the evaluation were submitted to school personnel through a meeting and the follow up activities were conducted by doing some improvements if the implementations were not maximal and they became advanced program for the next year.
Keywords: Principal Managerial Competence and Quality.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMK NEGERI KABUPATEN ACEH SELATAN (Asmawi, 2025)
INTERAKSI AKTIVITAS FISIK DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN USIA MENARCHE DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA BABUN NAJAH (FILSA PUTRI ANWAR, 2021)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA (MURDANI, 2014)
KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MAN 1 TAKENGON (KAUSARA USMAN, 2016)
UPAYA KEPALA MADARSAH DALAM PENINGKATAN
KINERJA GURU PADA MTSS AL FAUZUL KABIR
KOTA JANTHO (mahdi, 2013)