Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
Pengarang
PUTRI RAHAYU - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1612101010105
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
24 Januari 2019
XIV Halaman + VI BAB + 74 Halaman + 10 Tabel + 1 Skema + 13 Lampiran
PUTRI RAHAYU
1612101010105
GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG
RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL
ABIDIN BANDA ACEH
ABSTRAK
Mutu pelayanan keperawatan adalah sikap professional perawat yang memberikan
perasaan nyaman terlindungi pada diri setiap pasien (melalui lima dimensi mutu)
yang sedang menjalani proses penyembuhan dimana sikap ini merupakan
kompensasi sebagai pemberi pelayanan dan diharapkan menimbulkan perasaan
puas pada diri pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu
pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr.
Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2018. Tempat dan waktu penelitian dilakukan
di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh
pada tanggal 23 November sampai dengan 31 Desember 2018. Jenis penelitian ini
adalah survey analitik yaitu metode penelitian yang mencoba menggali bagaimana
dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi. Dengan desain cross sectional
study. Jumlah populasi sebanyak 286 orang. teknik pengumpulan sampel
purposive sampling, dengan jumlah sampel 76 responden. Hasil penelitian
tentang gambaran mutu pelayanan keperawatan secara umum kualitas pelayanan
yang ditinjau dari lima dimensi SERVQUAL diruang rawat inap Rumah Sakit
Umum daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dimana 4 dimensi menghasilkan
Gap Score Negative secara berurutan yaitu; dimensi empati (-0,3), jaminan (-0,3),
kehandalan (-0,2) dan daya tanggap (-0,1), sedangkan pada dimensi bukti fisik
menghasilkan nilai Gap Score (0) artinya bukti fisik dapat memenuhi harapan
responden. Dengan nilai mutu pelayanan menghasilkan Gap Score Negative yaitu
-0,2. Untuk meningkatkan kepuasan pasien maka yang harus dilakukan adalah
meningkat keterampilan atau keahlian, pengetahuan, sikap dan perilaku perawat.
Kata kunci :Mutu pelayanan keperawatan, kehandalan, daya tanggap,
jaminan, empati, bukti fisik
Daftar Bacaan : 21 Buku + 10 Jurnal + 1 Thesis + 3 Skripsi
vi
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)
GAMBARAN PROSES PENGEMBANGAN STAF PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khairatul Uli, 2018)
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MENERAPKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (CUT DESI IRMAYANTI, 2014)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ulfa Maulida, 2018)
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Athiril Jamal, 2016)