GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

PUTRI RAHAYU - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1612101010105

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
24 Januari 2019

XIV Halaman + VI BAB + 74 Halaman + 10 Tabel + 1 Skema + 13 Lampiran

PUTRI RAHAYU
1612101010105

GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG
RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL
ABIDIN BANDA ACEH
ABSTRAK
Mutu pelayanan keperawatan adalah sikap professional perawat yang memberikan
perasaan nyaman terlindungi pada diri setiap pasien (melalui lima dimensi mutu)
yang sedang menjalani proses penyembuhan dimana sikap ini merupakan
kompensasi sebagai pemberi pelayanan dan diharapkan menimbulkan perasaan
puas pada diri pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu
pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr.
Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2018. Tempat dan waktu penelitian dilakukan
di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh
pada tanggal 23 November sampai dengan 31 Desember 2018. Jenis penelitian ini
adalah survey analitik yaitu metode penelitian yang mencoba menggali bagaimana
dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi. Dengan desain cross sectional
study. Jumlah populasi sebanyak 286 orang. teknik pengumpulan sampel
purposive sampling, dengan jumlah sampel 76 responden. Hasil penelitian
tentang gambaran mutu pelayanan keperawatan secara umum kualitas pelayanan
yang ditinjau dari lima dimensi SERVQUAL diruang rawat inap Rumah Sakit
Umum daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dimana 4 dimensi menghasilkan
Gap Score Negative secara berurutan yaitu; dimensi empati (-0,3), jaminan (-0,3),
kehandalan (-0,2) dan daya tanggap (-0,1), sedangkan pada dimensi bukti fisik
menghasilkan nilai Gap Score (0) artinya bukti fisik dapat memenuhi harapan
responden. Dengan nilai mutu pelayanan menghasilkan Gap Score Negative yaitu
-0,2. Untuk meningkatkan kepuasan pasien maka yang harus dilakukan adalah
meningkat keterampilan atau keahlian, pengetahuan, sikap dan perilaku perawat.

Kata kunci :Mutu pelayanan keperawatan, kehandalan, daya tanggap,
jaminan, empati, bukti fisik
Daftar Bacaan : 21 Buku + 10 Jurnal + 1 Thesis + 3 Skripsi
vi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK