Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY
Pengarang
Nurul Azmi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306102010020
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Azmi, Nurul. 2019. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Mukhlis, M.S., (2) Drs. Sa’adiah, M.Pd.
Kata kunci: Analisis, nilai pendidikan karakter, novel bidadari bermata bening
Penelitian ini berjudul, “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy”. Rumusan masalah penelitian ini adalah nilai karakter apa sajakah yang terkandung dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan nilai karakter manakah yang lebih dominan dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan nilai pendidikan karakter yang dominan digunakan dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang terdiri dari 337 halaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy adalah nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang dominan dalam novel ini adalah nilai karakter religius.
?
Tidak Tersedia Deskripsi
TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (PUTRI BUNGSU, 2019)
TIPOLOGI KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (NOFRIZAL, 2023)
NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL AYAT- AYAT CINTA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAHRN(SEBUAH NOVEL PEMBANGUN JIWA) (Iyusrinawati, 2024)
CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI KARYA PIPIET SENJA (Rizkha Surya Ningsih, 2015)
ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL BIDADARI HITAM KARYA T. I. THAMRIN (Nini Gusnita, 2024)