KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DAN MENERAPKANNYA (SUATU STUDY PADA SMP NEGERI 4 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE). | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DAN MENERAPKANNYA (SUATU STUDY PADA SMP NEGERI 4 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE).


Pengarang

Gundawari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101030032

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Gundawari, 2018. Kendala-Kendala Guru IPS dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dan Menerapkannya (Suatu Study Pada SMP Negeri 4 Teupah Barat Kabupaten Simeulue). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Zakaria, M.Ed (2) Zulfadhli, S.Pd.,M.Pd M.SI

Kata kunci: Kendala Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013

Penelitian ini berjudul. ‘‘Kendala-Kendala Guru IPS dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dan Menerapkannya’’ (Suatu Studi Pada SMP Negeri 4 Teupah Barat Kabupaten Simeulue). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala guru dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013 dan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan guru IPS dalam menyusun RPP kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari tiga orang guru IPS terpadu SMP Negeri 4 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan tahap dokumentasi. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala-kendala guru IPS dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dan Menerapkanya di SMP Negeri 4 Teupah Barat Kabupaten Simeulue yaitu guru mengalami kendala menurukan atau menjabarkan indikator, materi pembelajaran, metode pembelajaran, alat dan sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran alokasi waktu dan penilaian. Kemudian perubahan kurikulum yang sering berganti-ganti juga berimbas pada penyusunan komponen dalam RPP, karena harus disesuaikan atau disusun berdasarkan kaidah-kaidah dalam kurikulum 2013 yang diganti. Disamping itu usaha yang dilakukan guru IPS untuk mengatasi kendala dalam menyusun RPP yaitu meningkatkan pengetahuan guru tentang kurikulum 2013, melengkapi sarana dan prasarana sekolah terutama buku paket kurikulum 2013, banyak dilakukan peletihan-pelatihan terhadap guru mengenai cara pembuatan RPP serta diaplikasukan langsung dan ditambahnya sumber belajar yang bervariasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK