Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CITARASA ES KRIM BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA)
Pengarang
Nur Manzalina. Z.A. - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306104010017
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nur Manzalina, 2019. “Daya Terima Konsumen Terhadap Citarasa Es Krim Buah Kawista (Limonia acidissima)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd (2) Dra. Rahmi Kamal, M.Pd
Kata Kunci: Buah kawista, Es krim, Daya Terima Konsumen
Es krim buah kawista merupakan olahan susu dengan menambahkan kawista dan bahan lainnya kemudian dimixer sampai halus dan lembut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menstandarisasikan resep es krim buah kawista melalui uji organoleptik (warna, aroma, tekstur, dan rasa), (2) mengetahui daya terima konsumen terhadap es krim buah kawista. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji pengamatan (Sensory Evaluation) yang dilakukan oleh 5 orang narasumber dan uji penerimaan (Acceptability Test) yang dilakukan oleh 30 orang panelis konsumen. Data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara mengetahui nilai rata-rata (mean) yang diperoleh dari narasumber, sedangkan data dari uji penerimaan dianalisis dengan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang diperoleh dari panelis konsumen. Apabila ada pengaruh signifkan maka dilanjutkan dengan uji LSD0,05. Berdasarkan hasil uji pengamatan oleh narasumber diketahui bahwa, es krim dengan penambahan buah kawista 100 gr (40%) yang disukai adalah pada perlakuan kedua dengan kode NM024 ditinjau dari segi warna warna coklat muda dengan nilai rata-rata (24,2), aroma sangat khas buah kawista dengan nilai rata-rata (24,6), tekstur yang lembut dan halus dengan nilai rata-rata (24,8) dan rasa yang manis dengan nilai rata-rata (24,4). Berdasarkan hasil uji penerimaan panelis konsumen diketahui bahwa es krim dengan penambahan buah kawista 100 gr (40%) yang disukai adalah pada perlakuan kedua dengan kode NM024 ditinjau segi warna coklat muda dengan nilai rata-rata (4,23), aroma sangat khas buah kawista dengan nilai rata-rata (4,16), tekstur yang lembut dan halus dengan nilai rata-rata (4,26) dan rasa yang manis dengan nilai rata-rata (4,33). Hipotesis membuktikan bahwa H1 dapat diterima, karena ada pengaruh penambahan buah kawista terhadap tingkat penerimaan kosumen baik ditinjau dari segi warna, aroma, tekstur, dan rasa.
Tidak Tersedia Deskripsi
DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CITARASA ES KRIM BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA) (Nur Manzalina. Z.A., 2019)
SKRINING FITOKIMIA DAN UJI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA L.) DARI DAERAH KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI (Audia Anda Rini, 2016)
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP SELAI BUAH KAWISTA (FERONI ELEPAHNTUM) (Siti Nurhikmah, 2019)
PENGARUH SUHU DAN LAMA PASTEURISASI TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SIRUP BUAH KAWISTA (LEMONIA ACIDISSIMA) (Azhar, 2024)
PENGARUH KONSENTRASI BIJI BUAH KAWISTA DAN GULA TERHADAP MUTU SIRUP DAGING BUAH KAWISTA (LEMONIA ACIDISSIMA) (Rosi Neldasari, 2024)