DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CITARASA ES KRIM BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CITARASA ES KRIM BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA)


Pengarang

Nur Manzalina. Z.A. - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104010017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nur Manzalina, 2019. “Daya Terima Konsumen Terhadap Citarasa Es Krim Buah Kawista (Limonia acidissima)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd (2) Dra. Rahmi Kamal, M.Pd

Kata Kunci: Buah kawista, Es krim, Daya Terima Konsumen
Es krim buah kawista merupakan olahan susu dengan menambahkan kawista dan bahan lainnya kemudian dimixer sampai halus dan lembut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menstandarisasikan resep es krim buah kawista melalui uji organoleptik (warna, aroma, tekstur, dan rasa), (2) mengetahui daya terima konsumen terhadap es krim buah kawista. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji pengamatan (Sensory Evaluation) yang dilakukan oleh 5 orang narasumber dan uji penerimaan (Acceptability Test) yang dilakukan oleh 30 orang panelis konsumen. Data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara mengetahui nilai rata-rata (mean) yang diperoleh dari narasumber, sedangkan data dari uji penerimaan dianalisis dengan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang diperoleh dari panelis konsumen. Apabila ada pengaruh signifkan maka dilanjutkan dengan uji LSD0,05. Berdasarkan hasil uji pengamatan oleh narasumber diketahui bahwa, es krim dengan penambahan buah kawista 100 gr (40%) yang disukai adalah pada perlakuan kedua dengan kode NM024 ditinjau dari segi warna warna coklat muda dengan nilai rata-rata (24,2), aroma sangat khas buah kawista dengan nilai rata-rata (24,6), tekstur yang lembut dan halus dengan nilai rata-rata (24,8) dan rasa yang manis dengan nilai rata-rata (24,4). Berdasarkan hasil uji penerimaan panelis konsumen diketahui bahwa es krim dengan penambahan buah kawista 100 gr (40%) yang disukai adalah pada perlakuan kedua dengan kode NM024 ditinjau segi warna coklat muda dengan nilai rata-rata (4,23), aroma sangat khas buah kawista dengan nilai rata-rata (4,16), tekstur yang lembut dan halus dengan nilai rata-rata (4,26) dan rasa yang manis dengan nilai rata-rata (4,33). Hipotesis membuktikan bahwa H1 dapat diterima, karena ada pengaruh penambahan buah kawista terhadap tingkat penerimaan kosumen baik ditinjau dari segi warna, aroma, tekstur, dan rasa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK