BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA


Pengarang

Afrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0710102010069

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.232 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAKS
Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Aceh periode 2012 –
2017 yang berlangsung pada tanggal 9 April 2012 yang melibatkan 2 kontestan
kandidat incumbent dan Non incumbent. Hal inilah yang kemudian menjadi sorotan
menarik bagi media massa untuk memuat berita seputar kampanye politik tersebut.
Salah satu di antara media dimaksud adalah Harian Serambi Indonesia yang selalu
aktif ambil bagian dalam peliputan dan pemberitaan tentang kampanye politik ini.
Menarik untuk diteliti tentang pemberitaan Harian Serambi Indonesia terkait
kampanye pemilihan Kepala Daerah di Aceh.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Surat
Kabar Harian Serambi Indonesia membingkai (framing) pemberitaan mengenai
kampanye politik pemilihan Kepala Daerah di Aceh periode 2012-2017 edisi 24
Maret – 5 April 2012.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penenlitian kualitatif deskriptif dengan
metode analisis framing model Zondhang Pan dan Kosicky. Peneliti akan
menganalisis pemberitaan kampanye politik calon gubernur pada Harian Serambi
Indonesia dan menyimpulkan hasil temuan dari analisis tersebut untuk dipaparkan
secara deskriptif. Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana media
mengkonstruksi peristiwa kampanye politik calon gubernur dalam pemberitaannya
dan ideologi yang tercermin dari berita tersebut.
Fokus dalam Penelitian ini adalah sebatas mengkaji framing pemberitaan
tentang kampanye politik pemilihan Kepala Daerah di Aceh periode 2012-2017 edisi
24 Maret - 5 April yang dimuat dalam Surat Kabar Harian Serambi Indonesia.
Pemberitaan itu terkait tentang pemberitaan terhadap kelima calon Gubernur
pemilihan Kepala Daerah di Aceh periode 2012-2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Harian Serambi Indonesia
menggambarkan aktivitas kampanye politik pasangan calon gubernur dan wakil
gubernur Aceh periode 2012-2017 melalui kampanye terbuka dan debat visi misi dari
tiap-tiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh. Harian Serambi
Indonesia memiliki kecendrungan frame pemberitaan tentang bagaimana proses
kampanye politik masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur yang
dikontruksikan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Selain itu Serambi
Indonesia juga menggambarkan proses jalannya kampanye dan kutipan berupa visimisi
yang disampaikan juru kampanye (jurkam) selalu diberitakan sesuai dengan
fakta yang ada. Semua kampanye politiknya masing-masing pasangan diceritakan
sesuai apa adanya tidak dilebihkan atau dikurangkan.
Kata Kunci : Kampanye Politik

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK