Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH
Pengarang
SITI HAJAR - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406101040034
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Hajar, Siti. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs Syamsul Bardi M.Si., (2) H. Daska Aziz, S.Pd M.A
Kata Kunci:Perbandingan, Hasil Belajar, Quantum Learning, Quantum Teaching,
Geografi
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan Quantum Teaching dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran geografi kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingan dengan Quantum Learning pada mata pelajaran geografi Kelas X di MAN 1 Banda Aceh.
Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran geografi kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IS yang berjumlah 112 siswa dan sampel dari penelitian ini adalah siswa Kelas X IS-2 sebanyak 38 siswa dan siswa Kelas X IS-3 sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test yaitu berupa pemberian soal pre-test dan post-test kepada siswa. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Uji-t.
Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah thitung = 2,10 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 73, artinya thitung>ttabel, sehingga Haditerima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Learning pada materi Rotasi dan Revolusi Bumi mata pelajaran Geografi Kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah dapat menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran geografi untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Rina Susanti, 2022)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING DI SMPN 8 BANDA ACEH (Sarah Nadia, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017)