PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTA BARO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTA BARO


Pengarang

HUMAIRA ZAKI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103020039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), Ketuntasan Belajar, Aktivitas Siswa

Capaian pembelajaran siswa SMP Negeri 1 Kuta Baro pada materi SPLDV masih rendah. Salah satu solusi agar capaian pembelajaran siswa dapat meningkat yaitu dengan mengaitkan permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari peserta didik dengan materi. Model PBL dapat menggiring siswa untuk menyelesaikan permasalahan dengan melakukan penyelidikan dan menghubungkan pengetahuan yang baru didapatkan dengan pengetahuan yang telah diperolehnya, sehingga akan menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Baro sesudah diterapkannya model PBL dan untuk mengetahui aktivitas peserta didik sewaktu proses pembelajaran dengan penerapan model PBL. Populasi dan sampel riset ini adalah semua peserta didik yang ada di kelas VIII di SMP Negeri 1 Kuta Baro yang beranggotakan 24 orang. Pendekatan yang dipakai dalam riset ini berupa pendekatan eksperimen dengan jenis one shot case study. Data ketuntasan hasil belajar dikumpulkan dengan memberikan tes. Data ketuntasan hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t pihak kanan. Sedangkan pengumpulan data aktivitas siswa dilakukan dengan melakukan observasi. Teknik analisis data aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis deskriptif dari persentase. Uji hipotesis data hasil belajar memakai uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 5% dan dk = 23 diperoleh t_hitung>t_tabel, yaitu 1,96>1,71. Analisis deskriptif dari persentase aktivitas siswa secara keseluruhan menunjukkan aktivitas siswa aktif. Simpulan yang didapat dari riset ini adalah siswa mencapai ketuntasan capaian belajar dan kegiatan belajar siswa aktif. Capaian dari riset ini bisa digunakan sebagai masukan bagi pengajar matematika untuk menggunakan model PBL dalam penyampaian materi karena berdampak positif terhadap ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK