KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION


Pengarang

LISA RAMADHANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160028

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Lisa Ramadhani (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari
Keterlibatan Siswa (Student Engagement) melalui Pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME)
Abstrak. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat
penting. Keterlibatan siswa dalam belajar meningkat ketika siswa mampu
mengkomunikasikan pemahaman mereka dengan temannya melalui kegiatan kelompok.
Namun, kenyataannya keterlibatan dan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar
masih matematika masih rendah. Salah satu pembelajaran yang disarankan untuk
mengatasi masalah ini yaitu dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa (Student Engagement) pada
materi segiempat melalui pendekatan RME. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dipilih berdasarkan kemampuan
tinggi, sedang dan rendah yang dipilih berdasarkan tes penjaringan. Penelitian ini
dilakukan pada kelas VII-1 SMP IT AL-Azhar Banda Aceh. Instrument dalam
penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi keterlibatan
dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
observasi keterlibatan siswa, wawancara dan tes kemampuan komunikasi matematis.
Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki keterlibatan aktif
selama pembelajaran juga memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik.
Khusus untuk siswa dengan kemampuan rendah keterlibatan siswa ketika menggunakan
alat peraga adalah baik sedangkan, pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga
menurun. Namun, dari dua subjek tersebut memiliki perbedaan yaitu subjek kemampuan
rendah pertama keterlibatannya dalam hal menyalin bentuk dan memberikan jawaban
dengan menggunakan prosedur namun, tidak mampu menjelaskan jawabannya. Subjek
kemampuan rendah kedua keterlibatannya hanya dalam be ntuk menyalin objek dan
memberikan jawabannya saja tanpa mengikuti prosedur.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Keterlibatan Siswa (Student
Engagement), Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK