Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Pengarang
LISA RAMADHANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1609200160028
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Lisa Ramadhani (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari
Keterlibatan Siswa (Student Engagement) melalui Pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME)
Abstrak. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat
penting. Keterlibatan siswa dalam belajar meningkat ketika siswa mampu
mengkomunikasikan pemahaman mereka dengan temannya melalui kegiatan kelompok.
Namun, kenyataannya keterlibatan dan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar
masih matematika masih rendah. Salah satu pembelajaran yang disarankan untuk
mengatasi masalah ini yaitu dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa (Student Engagement) pada
materi segiempat melalui pendekatan RME. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dipilih berdasarkan kemampuan
tinggi, sedang dan rendah yang dipilih berdasarkan tes penjaringan. Penelitian ini
dilakukan pada kelas VII-1 SMP IT AL-Azhar Banda Aceh. Instrument dalam
penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi keterlibatan
dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
observasi keterlibatan siswa, wawancara dan tes kemampuan komunikasi matematis.
Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki keterlibatan aktif
selama pembelajaran juga memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik.
Khusus untuk siswa dengan kemampuan rendah keterlibatan siswa ketika menggunakan
alat peraga adalah baik sedangkan, pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga
menurun. Namun, dari dua subjek tersebut memiliki perbedaan yaitu subjek kemampuan
rendah pertama keterlibatannya dalam hal menyalin bentuk dan memberikan jawaban
dengan menggunakan prosedur namun, tidak mampu menjelaskan jawabannya. Subjek
kemampuan rendah kedua keterlibatannya hanya dalam be ntuk menyalin objek dan
memberikan jawabannya saja tanpa mengikuti prosedur.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Keterlibatan Siswa (Student
Engagement), Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTSS SEULIMEUM (Rairita, 2023)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POLA BILANGAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SMPN 6 BANDA ACEH (Nazira, 2022)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS VII MTSN 2 ACEH BESAR (TITHA VIRA, 2022)
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (T MUHAMMAD MIRSHADIL ULYA, 2022)
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (AYU RAHMAH SINAGA, 2023)