PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL


Pengarang

Desi Aria Mustika - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160057

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Desi Aria Mustika (2018). Pemahaman Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Integral
Pemahaman matematis dan self-efficacy merupakan hal yang harus
diperhatikan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Namun berdasarkan studi awal di SMAN 1 Delima kedua hal tersebut masih rendah. Model pembelajaran yang
diyakini dapat meningkatkan pemahaman matematis serta self-efficacy siswa yaitu model pembelajaran Quantum Teaching. Melalui model pembelajaran Quantum
Teaching, guru diharapkan mampu memotivasi siswa pada tahap tumbuhkan sehingga siswa dapat mengalami dan menamai sendiri konsep yang akan dipelajari. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis dan self-efficacy
siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching, serta korelasi antara pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang difasilitasi model pembelajaran
Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1
Delima. Hasil pemilihan sampel secara acak, terpilih kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini yaitu tes
pemahaman matematis dan angket self-efficacy siswa. Peningkatan pemahaman
matematis dan self-efficacy siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum
Teaching dianalisis dengan menggunakan uji t. Sementara itu untuk melihat korelasi antara pemahaman matematis dan self-efficacy siswa digunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) peningkatan pemahaman
matematis siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik
dari siswa yang difasilitasi pembelajaran konvensional, (2) self-efficacy siswa yang
difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang
difasilitasi pembelajaran konvensional, (3) terdapat korelasi dengan kategori rendah antara pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang difasilitasi model
pembelajaran Quantum Teaching. Model pembelajaran quantum teaching dapat
diterapkan guru untuk meningkatkan pemahaman dan self-efficacy siswa pada materi
integral.
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Pemahaman Matematis, Self-Efficacy

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK