KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH


Pengarang

Aulia Putri Miranda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103020030

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kecerdasan logis-matematis yang dimiliki peserta didik belum berkembang dengan baik. Hal ini ditandai dengan siswa tidak dapat memenuhi semua indikator kecerdasan logis-matematis dalam menyelesaikan masalah matematika. Kurangnya perhatian terhadap kecerdasan logis-matematis mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan logis-matematis siswa yaitu pendekatan Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis-matematis siswa melalui pendekatan Problem Solving. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VII-2 MTsN 4 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan yaitu tes kecerdasan logis-matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima dari enam siswa memenuhi indikator klasifikasi yaitu dapat mengkategorisasikan berdasarkan bentuk. Empat dari enam siswa memenuhi indikator penalaran induktif. Sebagian besar lainnya, empat dari enam siswa memenuhi indikator operasi hitung matematika yaitu mampu melakukan operasi hitung matematika dengan benar. Sebagian besar yang lain yaitu empat dari enam siswa memenuhi indikator membentuk hipotesis yaitu mampu membuat dugaan sementara dengan menggunakan informasi yang diketahui untuk mengembangkan informasi yang baru. Sebagian besar lainnya, tiga dari enam siswa memenuhi indikator membandingkan yaitu mampu membandingkan berdasarkan ukuran. Impilikasi penerapan pendekatan problem solving dalam pembelajaran yaitu dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga kecerdasan logis-matematis siswa berkembang dengan baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK