Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH EDUKASI TERHADAP TINGKAT SELFCARE PEREMPUAN PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR
Pengarang
Riska Amalia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200180004
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Keperawatan Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
616462
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MASTER IN NURSING
NURSING FACULTY
SYIAH KUALA UNIVERSITY
Riska amalia
1409200180004
Education Effect on Selfcare Levels of Woman with Diabetes Mellitus type 2 at puskesmas Kuta BaroAceh Besar
xiv + V Chapter + 100page + 9tables + 3 scheme + 16 Appendixes
Abstract
Diabetes selfcare activity is the important things that can manage diabetes mellitus type 2. whereas in practice diabetics often do not know diabetes self-care procedures that cause complications of this disease be increasing. one of the pillars of diabetes management is education, in this case the education of diabetes selfcare activities is expected to be able to provide information related to independent diabetes selfcare so that healthy and dynamic diabetes self-care behavior is formed. the purpose of this study was to identify the effect of diabetes selfcare activity education on the level of self-care diabetes mellitus type 2 at puskesmas kuta baro aceh besar. the design of this research was praexperimental studies with pre experimental designs one group pretest and postest design involving 52 woman with diabetic tipe 2. The instrument used Summary Diabetes Selfcare Actvitie (SDSCA). Data was analyzed using Wilcoxon test. Wilcoxon test resulth of this research between pre-post intervention of diabetes selfcare education was different (p-value< 0,05). that significant difference of pre-post intervention of diet P-value =0,00 (P-value< 0,05) , exercise P-value=0,03 (P-value< 0,05), medication P-value =0,00 (P-value< 0,05) and blood-glucose control P-value =0,00 (P-value< 0,05) foot care P-value =0,00 (P-value< 0,05). This means that the provision of education influences the self-care activities of diabetics so that diabetes education is programmed to be developed related to diabetes self care
Keywords : Selfcare Diabetes, Education, Diabetes Mellitus tipe2
Reference : (2000-2017)
PROGRAM STUDI MAGISTER KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Riska amalia
1409200180004
Pengaruh Edukasi terhadap Tingkat Selfcare Perempuan Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar
xiv + V Bab + 100 Halaman + 9 tabel + 3skema + 16 Lampiran
Abstrak
Aktifitas selfcarediabetes merupakan hal penting dalam pengelolaan Diabetes Mellitus tipe 2, Namun dalam pelaksanaannya penderita diabetes seringkali tidak mengetahui tatacara perawatan mandiri diabetes yang mengakibatkan komplikasi dari penyakit semakin meningkat. Salah satu pilar penatalaksanaan diabetes adalah edukasi, dalam hal ini pemberian edukasi Aktifitas self-care diabetes diharapkan mampu memberikan informasi terkait pearawatan mandiri diabetes sehingga terbentuk perilaku perawatan mandiri diabetes yang sehat dan dinamis. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian edukasi Aktifitas self-care diabetes terhadap tingkat selfcare penderita diabetes mellitus tipe 2 di puskesmas kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian pra experiment dengan one grup pre-test and post-test design melibatkan 52 responden perempuan anngota prolanis, Instrument penelitian yaitu Summary Diabetes Selfcare Actvitie (SDSCA). Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan edukasi Aktifitas selfcarediabetes, Edukasi selfcareAktifitas diet (P=0,00). Selfcare Aktifitas fisik (P=0,03) selfcareAktifitas kontrol gula (P=0,00)self care Aktifitas pengobatan (P=0,00)selfcareAktifitas perawatan kaki(P=0,00)Artinya pemberian edukasi mempengaruhi aktifitas perawatan diri penderita diabetes sehingga Perlu dikembangkan edukasi diabetes yang terprogram terkait dengan self care diabetes.
Kata Kunci : Selfcare Diabetes, Edukasi, DM tipe 2
Sumber : (2000-2017)
Tidak Tersedia Deskripsi
SELF EFFICACY MANAJEMEN DIABETES MELLITUS PADA PESERTA PROLANIS DI KOTA BANDA ACEH (RIZKITA FATHIMATUZZUHRA, 2022)
MODEL NUMERIK PELUANG PENURUNAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS DARI ORANG TUA KEPADA KETURUNANNYA (Adri Syakir, 2016)
HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)
HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN POLA MAKAN PADA LANJUT USIA PENDERITA DIABETES MELLITUS (Nur Assifah Elsa, 2023)
EFEKTIFITAS PROGRAM EDUKASI PERAWATAN KAKI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWATAN KAKI PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2014 (HELMI, 2014)