Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA SOUVENIR TRADISIONAL KHAS ACEH (DI GAMPONG DAYAH DABOH KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR)
Pengarang
Cut Nurul Zahria Mardian - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406101030021
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
CutNurulZahriaMardian. 2018. Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Souvenir
Tradisional Khas Aceh (Di Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik
Kabupaten Aceh Besar). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Dra. Ruaida, M.Si (2) Dr. Amiruddin, M.Si
Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran, Souvenir
Penelitian ini berjudul “Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Souvenir Tradisional
Khas Aceh (Di Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh
Besar)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana elemen-elemen
bauran pemasaran seperti produk, harga, promosi dan distribusi yang selama ini
diterapkan oleh usaha souvenir tas tradisonal khas Aceh di Gampong Dayah Daboh.
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bauran
pemasaran yang ditinjau dari segi produk, harga, distribusi, promosi yang diterapkan
oleh usaha Souvenir di Gampong Dayah Daboh. Adapun data yang diperoleh peneliti
yaitu dari UMKM tas tradisional khas Aceh di Gampong Dayah Daboh. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi awal dan penelitian lapangan
berupa wawancara dan dokumentasi, sedangkan subjek yang diambil adalah tiga
UMKM tas tradisional khas Aceh di Gampong Dayah Daboh. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penyajian data menggunakan pola
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi produk yang dilakukan
usaha tas tradisional khas Aceh berupa menginovasikan model produk yang di
produksi dengan berbagai ukuran dan warna sesuai dengan tren. Strategi penerapan
harga yang ditawarkan sangat bervariasi berdasarkan model produk, ukuran dan
tingkat kesulitan produk itu sendiri, potongan harga juga diberikan sesuai dengan
kebijakan masing-masing usaha. Strategi distribusi yang dilakukankan oleh ketiga
usaha tas tradisonal khas Aceh menggunakan saluran distribusi langsung dan
persebaran produk ke beberapa kota di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.
Strategi promosi yang diterapkan usaha cenderung pasif, yaitu menggunakan word
to mouth dan personal selling dilakukan untuk memulai kerja sama dengan suatu
toko dan hanya satu usaha yang mempromosikan produknya via online dan mencetak
brosur.
Tidak Tersedia Deskripsi
DINAMIKA USAHA KERAJINAN BORDIR MOTIF ACEH DI GAMPONG DAYAH DABOH KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR 1991-2016 (Puji April Yanti, 2018)
PERKEMBANGAN BENTUK DAN MOTIF PADA KERAJINAN TAS DI GAMPONG DAYAH DABOH KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR (Annisa, 2016)
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KUE TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS PADA LSTANA KUE TRADISIONAL ACEH KECAMATAN LHOKNGA KABAPATEN ACEH BESAR) (Dhian Meutia, 2024)
STRATEGI PEMASARAN SUSU KEDELAI SOYFRES (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANG KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR) (Jeihan Zhahira, 2014)
PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN SWOT DAN ANP PADA USAHA KECIL & MENENGAH KAIN SONGKET TENUN ADAT ACEH (TRI ASIH WULANDARI, 2018)