Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN STRATEGI KONFLIK OGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Pengarang
Dewi Fitri - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200160051
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Miskonsepsi yang dimiliki siswa dapat menghambat proses konstruksi pengetahuan berikutnya, sehingga perlu diupayakan untuk mengubah miskonsepsi menjadi konsep ilmiah. Materi pecahan merupakan materi ajar yang sukar dipahami siswa sehingga menimbulkan berbagai macam miskonsepsi pada siswa kelas V. Miskonsepsi pada materi pecahan terjadi pada aspek mengenal bentuk pecahan, membandingkan, mengurutkan, melakukan operasi penjumlahan, dan operasi pengurangan pecahan. Mengubah konsepsi siswa yang keliru pada materi pecahan dapat dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat merangsang terjadinya perubahan konsepsi siswa. Strategi konflik kognitif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang sangat berpotensi untuk memotivasi siswa menata ulang wawasan yang sudah mereka dapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan miskonsepsi siswa selama pembelajaran dengan strategi konflik kognitif, mendeskripsikan perubahan miskonsepsi siswa setelah penerapan strategi konflik kognitif, dan mendeskripsikan retensi miskonsepsi yang masih dialami siswa setelah penerapan strategi konflik kognitif. Penelitian ini tergolong jenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas V SD Negeri 8 Jangka Kabupaten Bireuen yang paling banyak mengalami miskonsepsi berdasarkan hasil tes diagnostik dan wawancara pada studi pendahuluan. Tes yang digunakan yaitu tes diagnostik dan dilakukan sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan perubahan miskonsepsi siswa selama pembelajaran dengan strategi konflik kognitif pada setiap siswa tidak selalu sama, meskipun siswa tersebut mengalami miskonsepsi yang sama. Perubahan miskonsepsi siswa menjadi konsep ilmiah semakin meningkat setelah penerapan strategi konflik kognitif sebanyak lima pertemuan. Namun, tidak semua pengetahuan baru yang dikonstruksi siswa mampu bertahan lama dalam pikiran siswa, karena masih terdapat siswa yang kembali mengalami miskonsepsi berdasarkan jawaban siswa pada tes retensi yang dilakukan satu bulan setelah penerapan strategi konflik kognitif.
Tidak Tersedia Deskripsi
PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI BANDA ACEH (Dinda Aulia, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL (CONCEPTUAL CHANGE) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA (Elva Wirda, 2016)
ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Irma Putriyani, 2016)
PENGARUH MODEL KONFLIK KOGNITIF TERHADAP MISKONSEPSI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAHAN SEL KELAS XII DI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Ulva Zulvita, 2024)
EFEKTIFITAS LAYANAN MEDIASI DALAM MENGATASI KONFLIK ANTAR SISWA DI SMAN 1 DENGAN SMKN 2 LANGSA (RIZKA AZ-ZAHRA, 2019)