Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH)
Pengarang
YUNDA SUFNI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1410102010066
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini berjudul “strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri siswa berkebutuhan khusus di SD 5 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri anak berkebutuhan khusus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang berasumsi pentinya makna bagi perilaku manusia, manusia bertindak terhadap manusia lainnya berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Informan atau subjek penelitian yang dipilih untuk diwawancarai sesuai tujuan penelitian, yang terdiri dari 5 orang guru di SD 5 Banda Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan belajar spesifik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus dengan memahami kesulitan yang dihadapi siswa dan mengenali karakter siswa yang mengalami kesulitan belajar agar mempermudah hubungan secara interpersonal. Secara umum komunikasi yang dilakukan lebih cenderung menggunakan media gambar dan alat peraga untuk menarik minat, motivasi anak dalam berkomunikasi secara interpersonal. Bahasa verbal dan nonverbal digunakan seperti raut muka ekspresif, suara lantang, artikulasi jelas, gaya tubuh dan bahasa tubuh disertai dengan sentuhan, belaian, tatapan mata.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, guru, motivasi, anak berkebutuhan khusus
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PROSES PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE (Helmahera, 2023)
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018)
IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SD NEGERI 57 BANDA ACEH) (Nurraida, 2019)
STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI LEMBAGA PAUD INKLUSI (Tiara Iqlima, 2024)
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PENGURUS OSIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rintang Berutu, 2020)