STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH)


Pengarang

YUNDA SUFNI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1410102010066

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul “strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri siswa berkebutuhan khusus di SD 5 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri anak berkebutuhan khusus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang berasumsi pentinya makna bagi perilaku manusia, manusia bertindak terhadap manusia lainnya berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Informan atau subjek penelitian yang dipilih untuk diwawancarai sesuai tujuan penelitian, yang terdiri dari 5 orang guru di SD 5 Banda Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan belajar spesifik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus dengan memahami kesulitan yang dihadapi siswa dan mengenali karakter siswa yang mengalami kesulitan belajar agar mempermudah hubungan secara interpersonal. Secara umum komunikasi yang dilakukan lebih cenderung menggunakan media gambar dan alat peraga untuk menarik minat, motivasi anak dalam berkomunikasi secara interpersonal. Bahasa verbal dan nonverbal digunakan seperti raut muka ekspresif, suara lantang, artikulasi jelas, gaya tubuh dan bahasa tubuh disertai dengan sentuhan, belaian, tatapan mata.

Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, guru, motivasi, anak berkebutuhan khusus

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK