Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Siti Aminah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406104040026
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Aminah, Siti. 2018. Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 1 Saree. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. M. Yamin, M.Ed. (2) Drs. Bukhari, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Permulaan
Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 1 Saree. Penelititan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun Aspek-aspek yang di nilai dalam penelitian ini adalah pelafalan, ketepatan membaca tulisan, intonasi, kelancaran, dan pemahaman isi bacaan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Sekolah Dasar yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 orang perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes membaca kalimat yang diambil dari buku siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas II dengan perolehan nilai rata-rata mencapai 79,9. Siswa yang memperoleh nilai sangat baik sebanyak 5 siswa dengan persentase (17,85%), siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik sebanyak 11 orang siswa dengan persentase (39,28%), sementara siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori cukup sebanyak 8 orang siswa dengan persentase (28,57%), dan siswa yang memperoleh nilai kurang sebanyak 4 orang siswa dengan persentase (14,28%).
Simpulan penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan siswa, dalam kemampuan mambaca permulaan siswa di SD Negeri 1 saree sudah termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebanyak 79,9. Siswa yang memperoleh nilai dalam kategori sangat baik sebanyak 5 siswa, siswa yang memperoleh nilai dalam kategori baik sebanyak 11 siswa, sementara siswa yang memperoleh nilai dalam kategori cukup sebanyak 8 siswa, sedangkan siswa yang memperoleh nilai dalam kategori kurang sebanyak 4 siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 41 BANDA ACEH (Melly yanti, 2024)
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK PERISKA TANI SAREE (Yuli Safriyani, 2018)
PERANAN AGROINDUSTRI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN JUMLAH PENDAPATAN MASYARAKAT DI SAREE KECAMATAN LEMBAB SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Liza Rizkia, 2020)
PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Santilia Fitri, 2023)
UPAYA GURU MEMBERIKAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmatun Ulya, 2019)