ANALISIS PENGGUNAAN INTERJEKSI DALAM GRAPHIC NOVEL WARKOP DKI REBORN JANGKRIK BOSS! PART 2 KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DKK. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PENGGUNAAN INTERJEKSI DALAM GRAPHIC NOVEL WARKOP DKI REBORN JANGKRIK BOSS! PART 2 KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DKK.


Pengarang

ISMI FADHILAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406102010029

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Fadhilah, Ismi. 2018. Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Armia, S.Pd., M.Hum. (2) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum.


Kata Kunci: interjeksi, penggunaan interjeksi, graphic novel

Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk.” Rumusan masalahnya adalah (1) jenis-jenis interjeksi apa sajakah yang terdapat dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk., (2) bagaimanakah penggunaan interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk., dan (3) interjeksi apa sajakah yang paling dominan yang digunakan dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Data dalam penelitian ini berupa percakapan yang mencerminkan keragaman bahasa lisan yang terdapat dalam graphic novel. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) seleksi data, (2) klasifikasi data, (3) analisis data, dan (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam graphic novel terdapat dua belas jenis interjeksi, yaitu (1) interjeksi keheranan, (2) interjeksi simpulan, (3) interjeksi ajakan, (4) interjeksi panggilan, (5) interjeksi kekagetan, (6) interjeksi kesakitan, (7) interjeksi kelegaan, (8) interjeksi kekesalan, (9) interjeksi kekaguman, (10) interjeksi ketakutan, (11) interjeksi kesesalan, dan (12) interjeksi harapan. Penggunaan interjeksi dalam graphic novel terdapat banyak penyimpangan bahasa yang berupa penyimpangan dalam bentuk morfologi, penyimpangan yang ditambahkan penutur dalam bentuk huruf dan kata, dan penyimpangan semantik, tergantung situasi dalam tuturan tersebut. Jenis interjeksi yang paling dominan muncul atau yang paling sering muncul dalam graphic novel ialah interjeksi panggilan. Interjeksi panggilan muncul sebanyak 41 kali di dalam graphic novel.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK