Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS PENGGUNAAN INTERJEKSI DALAM GRAPHIC NOVEL WARKOP DKI REBORN JANGKRIK BOSS! PART 2 KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DKK.
Pengarang
ISMI FADHILAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406102010029
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Fadhilah, Ismi. 2018. Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Armia, S.Pd., M.Hum. (2) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum.
Kata Kunci: interjeksi, penggunaan interjeksi, graphic novel
Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk.” Rumusan masalahnya adalah (1) jenis-jenis interjeksi apa sajakah yang terdapat dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk., (2) bagaimanakah penggunaan interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk., dan (3) interjeksi apa sajakah yang paling dominan yang digunakan dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Data dalam penelitian ini berupa percakapan yang mencerminkan keragaman bahasa lisan yang terdapat dalam graphic novel. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) seleksi data, (2) klasifikasi data, (3) analisis data, dan (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam graphic novel terdapat dua belas jenis interjeksi, yaitu (1) interjeksi keheranan, (2) interjeksi simpulan, (3) interjeksi ajakan, (4) interjeksi panggilan, (5) interjeksi kekagetan, (6) interjeksi kesakitan, (7) interjeksi kelegaan, (8) interjeksi kekesalan, (9) interjeksi kekaguman, (10) interjeksi ketakutan, (11) interjeksi kesesalan, dan (12) interjeksi harapan. Penggunaan interjeksi dalam graphic novel terdapat banyak penyimpangan bahasa yang berupa penyimpangan dalam bentuk morfologi, penyimpangan yang ditambahkan penutur dalam bentuk huruf dan kata, dan penyimpangan semantik, tergantung situasi dalam tuturan tersebut. Jenis interjeksi yang paling dominan muncul atau yang paling sering muncul dalam graphic novel ialah interjeksi panggilan. Interjeksi panggilan muncul sebanyak 41 kali di dalam graphic novel.
Tidak Tersedia Deskripsi
INTERJEKSI DALAM NOVEL MELALUI JALAN RAYA DUNIA KARYA ALI HASJMY (Ita Bursa, 2024)
AN ANALYSIS OF METAPHORICAL EXPRESSIONS IN TEENAGERS’ FICTION NOVELS (GATA KHUMAIRA, 2019)
ANALISIS PENGGUNAAN INTERJEKSI DALAM NOVEL THE PRINCESS IN ME KARYA DONNA ROSAMAYNA (Nora Fajar, 2018)
INTERJEKSI DALAM BAHASA JAMEE (Mila Suherda, 2013)
INTERJEKSI BAHASA KLUET (basyirah, 2014)