PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 3 LHOKNGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 3 LHOKNGA


Pengarang

PUTRI ZUHRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103030048

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing, memperoleh produk LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus yang layak digunakan, dan untuk mengetahui respon guru dan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 2 dosen ahli yang memvalidasi LKPD, 15 siswa, dan 2 orang guru IPA. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar wawancara, angket validasi kelayakan LKPD, angket tanggapan LKPD dari guru dan peserta didik, dan soal tes yang diberikan di akhir pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah validasi kelayakan LKPD, angket tanggapan guru dan peserta didik, lembar penilaian LKPD, dan lembar penilaian pengetahuan peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validasi kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus yang telah dikembangkan memperoleh persentase rata-rata sebesar 90,41% dengan kriteria “Sangat Layak” untuk dipelajari siswa. Tanggapan siswa terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing memperoleh persentase rata-rata sebesar 83,4% siswa yang memberi tanggapan setuju. Tanggapan guru terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing memperoleh persentase rata-rata sebesar100% guru memberikan tanggapan setuju terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Hasil penilaian pengetahuan peserta didik yang dilakukan dengan cara tes pilihan ganda memperoleh persentase rata-rata 83,25%, diinterprestasikan bahwa predikat rata-rata B+. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus telah layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika di SMP.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK