PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

KHAIRUN NISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200150015

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem
based learning dengan menggunakan media grafis pada materi ekosistem
terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sma negeri kabupaten bireuen.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 Maret sampai 28 April 2018,
menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMAN 1 Gandapura yang berjumlah 100 siswa, SMAN 1 Kutablang yang
berjumlah 90 siswa dan siswa kelas X SMAN 1 Peusangan yang berjumlah 150
siswa. Total sampel penelitian berjumlah 134 siswa. Instrumen penelitian
menggunakan tesuntuk mengukur hasil belajar siswadan lembar angket siswa
untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data perbedaan hasil belajar antara
kelas kontrol dengan eksperimen menggunakan uji independent samplet-test pada
taraf signifikan 5%. Motivasi siswa dianalisis dengan nilai rata-rata. Hasil
penelitian menunjukkanbahwa (1) hasil belajar siswa dengan t -hitung 12,80> t-
tabel 1,66 pada taraf signifikan 5%. (2) motivasi siswa pada kelas eksperimen
dengan nilai rata-rata 3,07 pada kategori cukup baik, dan pada kelas kontrol
dengan nilai rata-rata 2,15 pada kategori kurang baik. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dengan
menggunakan media grafis pada materi Ekosistem berpengaruh terhadap motivasi
dan hasil belajar siswa SMA Negeri Kabupaten Bireuen.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Grafis, Motivasi Belajar, Hasil
Belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK