STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANRNKOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 1RNPEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANRNKOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 1RNPEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Zulkifli - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200050088

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh : Zulkkifli
NIM : 11092000500088

Komisi Pembingbing:

1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd.
2. Dr. Djailani AR, M.Pd.


ABSTRAK

Strategi kepala sekolah sangat mempengaruhi kompetensi professional guru yang dilakukan dengan pembinaan dan memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan profesinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan materi pelajaran, mengetahui strategi kepala sekolah dalam penggunaan metode mengajar, stategi kepala sekolah dalam mengevaluasi keberhasilan guru, dan mengetahui keadaan yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru pada SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Pendekatan yang diugunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah , kepala tata usaha, dan guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru menguasai materi dan metode pembelajaran dilaksanakan dengan melibatkan wakil kepala bidang kurikulum, MGMP dan guru dengan kegiatan pelatihan, kegiatan ilmiah, seperti seminar, lokakarya dan menulis karya ilmiah dalam bentuk tindakan kelas, Team teaching, inhausing MGMP, memotivasi guru melanjutkan pendidikan dan melakukan supervisi. Strategi kepala sekolah melakukan evaluasi dengan supervisi ke kelas pada waktu luang kadang-kadang dilakukan secara tiba-tiba. Hasil evaluasi tersebut dikumpulkan menjadi sebuah catatan kepala sekolah dan disampaikan pada kegiatan rapat dan forum MGMP sebagai tindak lanjut evaluasi yang sudah dilaksanakan. Hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru antara lain keterbatasan waktu kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan tugas utamanaya, rendahnya motivasi siswa dan guru yang mendekati pensiun untuk menguasi IT, menempatkan jam kerja guru untuk mendukung sertifikasi.

Kata Kunci: Strategi Kepala sekolah dan Kompetensi Profesional Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK