IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MURID DI TPQ PLUS BAITURRAHMAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MURID DI TPQ PLUS BAITURRAHMAN BANDA ACEH


Pengarang

AMIRULLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200050003

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN
DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
MURID DI TPQ PLUS BAITURRAHMAN
BANDA ACEH

Oleh: Amirullah
NPM :1409200050003

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M.Pd.
2. Dr. Bahrun, M.Pd.


ABSTRAK

Usaha pengurus lembaga dalam hal peningkatan prestasi belajar murid untuk menunjang kualitas kompetensi lulusan di Taman Pengajian Al-Qur’an. Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan, strategi, evaluasi, dan kendala-kendala dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar murid. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah: Direktur, Kepala Bagian Pengajaran, Kepala Bagian Kemuridan, guru senior, dan murid TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh antara lain: penyesuaian kurikulum lembaga dengan kurikulum nasional dan kondisi daerah, penyusunan roster (jadwal pembelajaran), penentuan wali kelas, penentuan guru-guru di tiap kelas pada tiap tingkatan, penyusunan rombongan belajar (jumlah murid tiap kelas dan nama tiap kelas), penentuan lokasi pembelajaran rombongan belajar pada tiap tingkatan, dan pengembangan potensi murid melalui pembinaan pada biro Sanggar; (2) Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pengurus lembaga yaitu pemberian nama untuk setiap kelas yang berkaitan dengan materi pelajaran, menerapkan strategi belajar sambil bermain untuk mendeteksi karakter setiap murid, pengawasan dan pembinaan terhadap guru dan murid, dan kewajiban bagi setiap guru mempunyai kreatifitas dalam mengembangkan strategi mengajar; (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh pengurus lembaga ada tiga jenis yaitu evaluasi bersifat kelembagaan atau umum, evaluasi terhadap personal guru, dan evaluasi pengaruh manajemen pembelajaran terhadap prestasi belajar murid; (4) kendala-kendala yang dihadapi oleh pengurus lembaga dalam upaya meningkatkan prestasi murid adalah kurangnya kedisiplinan guru, masih ada diantara guru yang mengedepankan sifat-sifat senioritas yang mengarah ke negatif, kondisi ketidak-seimbangan guru dengan murid, dan kurangnya kedisiplinan murid.

Kata Kunci:ManajemenPembelajaran dan Prestasi Belajar Murid

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK