Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH
Pengarang
Devi Susandi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406104040006
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Susandi, Devi. 2018.Penggunaan Media Audio Visual UntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaKelas V di SD Negeri 26 Banda Aceh.Skripsi, JurusanPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, UniversitasSyiah Kuala.Pembimbing:
(1) Mislinawati, S.PdI, M.Pd (2) Drs. M. Husin Affan, M.Pd
Kata kunci: Media Audio Visual, MotivasiBelajar
Dalamkontekspenggunaan media audio visual, guru kelas V di SD Negeri 26 Banda Aceh ketika menggunakan media sangat baik.Penelitianiniberupayauntukmengungkapkanpenggunaan media audio visual. Secarakhususpenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapenggunaan media audio visual untukmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelas V SD Negeri 26 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitiannyayaitudeskriptif.Pengumpulan data dilakukandenganteknikobservasidanwawancara.Teknikobservasinyadengancaramengamati proses pembelajarandenganmenggunakan media audio visual, danteknikwawancaranyaadalahdengancaramewawancarai guru kelas V. Agar data hasilwawancaradapatterpecaya, penelitimenggunakanalat bantu berupaalattulisdan media elektronikseperti HP. Selanjutnyaseluruh data diolahdengantahapananalisis data kualitatifyaitureduksi data, model data (data display), penarikan/verifikasikesimpulan.
Berdasarkanhasilanalisis data, temuanpenelitiinidapatdikemukakansebagaiberikut.penggunaan media audio visual dalampembelajaransudah memenuhi kriteria penggunaan media, dansudahmeningkatkanmotivasibelajarsiswa, denganmenggunakan media audio visual iniadanyaperubahanmotivasibelajarpadaanak. Perubahantersebutyaitumampumerangsangminatanak yang dapatdilihatdarisemangatnyaanakdalambelajar,lebihaktif, jugalebihfokusterhadappembelajaran yang diberikanoleh guru.Kemudianmampumengalihkanperhatiansiswa, denganmembuat media yang menarikmampumembuatsiswasemangatdalambelajar danmembantudayaingatsiswa. Sehinggasiswaakanpahamjikaditanyakembalitentangpembelajaran yang dipelajari.
Simpulanpenelitianiniadalahpenggunaan media audio visual untukmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelas V SD Negeri 26 Banda Aceh sudah sangatbaik, dansiswatermotivasidalambelajardenganadanyapenggunaan media audio visual oleh guru.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)
“PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 16 BANDA ACEH.” (Novia Erlisa, 2015)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (NURFITRIA, 2015)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SDN 29 BANDA ACEH (Ayu Makfirah, 2017)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)