MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK PERISKA TANI SAREE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK PERISKA TANI SAREE


Pengarang

Yuli Safriyani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406104210003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Safriyani, Yuli 2018. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual di TK Periska Tani Saree. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd

Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Media Audio visual, Anak Usia Dini
Kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun merupakan kemampuan membaca permulaan yang menitik beratkan pada pengenalan huruf abjad sehingga anak mampu membaca nama sendiri. Kenyataan di lapangan anak usia 5-6 tahun pada TK B Periska Tani Saree mengalami kesulitan dalam membaca permulaan seperti mengenal huruf. Bagaimanakah mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Periska Tani Saree dengan menggunakan media audio visual menjadi kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Periska Tani Saree dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 9 orang anak, terdiri dari 4 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja. Tindakan pengenalan huruf dilakukan dengan cara 1) menyanyikan lagu, 2) membuat aturan main sebelum menampilkan video, 3) menampilkan video yang dimaksud dalam penelitian 4) mengetes perkembangan bahasa anak dengan cara menyuruh anak-anak membaca nama sendiri yang di tulis di papan tulis. Hasil penelitian tentang kemampuan bahasa anak dalam 2 siklus telah berkembang yaitu anak yang mampu membaca nama sendiri dengan bantuan guru sebanyak 3 anak dan anak mampu membaca nama sendiri secara mandiri menjadi 6 anak. Disimpulkan bahwa melalui media audio visual dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Periska Tani Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Disarankan bagi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media audio visual dan media lainnya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK