MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MAN MODEL BANDA ACEH DAN SMU ABULYATAMA ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MAN MODEL BANDA ACEH DAN SMU ABULYATAMA ACEH BESAR


Pengarang

SUPARTA RASYID - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200050056

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MAN MODEL BANDA ACEH DAN
SMU ABULYATAMA ACEH BESAR

Oleh : Suparta Rasyid
NPM : 1609200050056
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd
2. Dr. Bahrun, M. Pd

ABSTRAK

Dalam pelaksanaan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru, dan program kepala sekolah yang mana hal ini sangatlah penting untuk dilakukan terutama dalam prencanaan program kepala sekolah agar tujuan dari sekolah itu sendiri lebih terarah dan efesien baik dalam waktu maupun tujuan dari pendidikan itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: perumusan program, pelaksanaan manajemen, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menjalankan manajemen dalam meningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, MGMP, komite sekolah, pengawas, dan guru-guru berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru, mekanisme perumusannya diawali dengan pelaksanaan musyawarah antara pemangku kepentingan sperti wakil kepala sekolah, Ketua MGMP, Komite sekolah, pengawas, dan guru-guru berprestasi. Program-program yang disusun, program jangka panjang, menengah dan jangka pendek, dan semua program ini berpedoman kepada peraturan KEMENDIKBUD dan petunjuk dari dinas pendidikan Provinsi Aceh. Semua ini sudah ada dalam manajemen kepala sekolah yang tertuang di dalam program kepala sekolah untuk meningkatkan profesional guru; 2) kepala sekolah melaksanakan manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan profesional guru dengan cara kepala sekola menerapkan manajemen itu kepada diri sendiri sebagai contoh untuk bawahannya dan kepala sekolah melakukan pendekatan-pendekatan untuk meningkatkan profesional guru. Bagi guru yang berprestasi maka akan diberikan hadiah ataupun dukungan dalam bentuk memajukan nama guru tersebut untuk mengikuti CAKEP, dan dipromosikan; 3) hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru ditemukannya guru yang masih kurang maksimal dalam bekerja ataupun adanya guru kurang peduli terhadap situasi di sekolah.

Kata Kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, dan Profesional Guru.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK