KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA CEPAT MENGGUNAKAN TEKS CERITA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENERUT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA CEPAT MENGGUNAKAN TEKS CERITA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENERUT


Pengarang

Maulaniy Oktari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406104040014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Oktari, Maulaniy. 2018. Kemampuan Siswa Dalam Membaca Cepat Menggunakan Teks Cerita Dongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universiitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. M. Yamin, M.Ed., (2) Drs. Adnan, M.Pd

Kata kunci : kemampuan, membaca cepat, cerita dongeng

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan siswa dalam membaca cepat menggunakan teks cerita dongeng siswa kelas IV Sekolah Dasar Unggul Lampeuneurut. Bagaimanakah pemahaman siswa dalam membaca cepat menggunakan teks cerita dongeng siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membaca cepat menggunakan teks cerita dongeng siswa kelas IV dan mendeskripsikan pemahaman siswa dalam membaca cepat menggunakan teks cerita dongeng siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa di kelas IV yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu dengan tes pada kemampuan membaca cepat, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif atau rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian tentang membaca cepat dihitung menggunakan waktu, yang paling cepat dalam membaca cepat 2.25 (271 kpm) dan paling lambat 6.00 (109 kpm), siswa yang masuk dalam kategori mampu 20 orang dengan persentase (64.52%) siswa yang tidak mampu 11 siswa dengan persentase (35.48%). Setelah membaca cepat peneliti juga menilai tentang pemahaman siswa, yang masuk dalam kategori sangat baik 4 siswa (12.90%), yang mendapatkan nilai baik 14 siswa (45.16%) yang mendapatkan nilai cukup 10 siswa (32.26%) yang mendapatkan nilai kurang 3 siswa (9.68%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca cepat menggunakan teks cerita dongeng siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut sudah mencapai kategori baik dan sudah tuntas menurut KKM yang digunakan sekolah.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK