LOYALITAS PELANGGAN TRAVEL UMRAH DAN HAJI KHUSUS DI ACEH DAN SUMATERA UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

LOYALITAS PELANGGAN TRAVEL UMRAH DAN HAJI KHUSUS DI ACEH DAN SUMATERA UTARA


Pengarang

Ricky Alfanda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309300040020

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.812

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Perusahaan travel umrah telah mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia
yang menyebabkan jamaah dapat memilih perusahaan travel sesuai dengan
kebutuhan dan harapan mereka. Namun fenomena yang terjadi di Aceh dan
Sumatera Utara adalah banyak terjadi permasalahan dalam penyelenggaraan
ibadah umrah yang dilakukan oleh perusahaan travel. Kepercayaan jamaah,
kepuasan jamaah, kredibilitas perusahaan dan kualitas pelayanan merupakan
variabel penting dalam meningkatkan loyalitas jamaah. Selain itu untuk
meningkatkan loyalitas jamaah umrah, perusahaan travel juga menggunakan
mutawwif untuk membantu mempromosikan produk mereka. Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung
kepercayaan jamaah, kepuasan jamaah, kredibilitas perusahaan dan kualitas
pelayanan terhadap loyalitas jamaah dan juga untuk mengetahui peran mutawwif
sebagai variabel moderating dalam mempengaruhi hubungan antara kredibilitas
perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas jamaah. Dengan
menggunakan rumus Slovin, sampel penelitian ini diambil dari jamaah umrah di
Aceh dan Sumatera Utara sebanyak 378 responden. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. SPSS 22.0
digunakan untuk menganalisis karakteristik demografi responden dan analisis
deskriptif. AMOS 22.0 diadopsi untuk Structural Equation Modelling dan
Interaction Moderation dari model penelitian untuk analisis verifikatif
menggunakan regression weight/loading factor. Temuan penelitian ini telah
menunjukkan hubungan yang signifikan antar variabel yang diteliti. Mutawwif
merupakan variabel moderating antara kredibilitas perusahaan dan kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini dapat memberikan
masukan bagi perusahaan travel umrah dan Haji khusus di Aceh dan Sumatera
Utara untuk memperhatikan kepercayaan jamaah, kepuasan jamaah, kredibilitas
perusahaan, kualitas pelayanan dan mutawwif jika mereka ingin meningkatkan
loyalitas jamaah umrah.

Kata Kunci : Kepercayaan Jamaah, Kepuasan Jamaah, Kredibilitas Perusahaan,

Kualitas Pelayanan, Mutawwif, Loyalitas Jamaah



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK