Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGUSAHA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG ACEH)
Pengarang
NURUL AZMI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1401104010027
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi terhadap minat pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mengajukan pembiayaan di bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah UMKM yang mengajukan pembiayaan pada BSM Kantor Cabang Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian 95 responden. Untuk metode analisis data, menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi secara simultan mempengaruhi minat. Secara parsial, penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, reputasi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat. Sementara motivasi tidak berpengaruh terhadap minat pengusaha UMKM mengajukan pembiayaan di bank syariah.
Kata Kunci: Minat, pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi
ABSTRACT
This study aims to determine and analyze the influence of knowledge, motivation, reputation and location on the interests of SME’s (Micro, Small, Medium Enterprises) entrepreneurs to propose financing in Islamic banks. The research used quantitative research. The population in this research is the SME’s customers who applied for financing in BSM branch office Aceh. The technique of sampling method used simple random sampling and retrieved samples of 95 respondents. For data analysis method, using multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study indicated that knowledge, motivation, reputation and location simultaneously affect the interest. Partially, the result shows that knowledge, reputation and location have a significant effect on interest. While the motivation does not affect the interest of SME’s entrepreneurs to propose financing in Islamic banks.
Keywords: Interest, knowledge, motivation, reputation and location
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS PERAN PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN DALAM PENINGKATAN USAHA MIKRO (STUDI KASUS NASABAH PENERIMA PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN PADA PT. BANK ACEH SYARIAH CABANG BANDA ACEH) (ANNISA HANIM, 2021)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REPUTASI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG ACEH DI KALANGAN PENGUSAHA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (MAULIDIA, 2019)
DETERMINAN KEBERHASILAN USAHA NASABAH PEMBIAYAAN MIKRO SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK BTPN SYARIAH CABANG BANDA ACEH) (SARAH HUMAIRA, 2020)
SISTEM PEMBIAYAAN ARRUM MIKRO PT PEGADAIAN SYARIAH UNIT SIMPANG MESRA BANDA ACEH (Nurhayati, 2023)
ANALISIS PENGARUH INTERMEDIASI PERBANKAN SYARIAH MELALUI UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI ACEH (Insan Fikri, 2024)